Mengintip Persaingan HR-V dan C-HR di Thailand, Sengit!

by  in Berita&Ford&Honda
Mengintip Persaingan HR-V dan C-HR di Thailand, Sengit!
0  komentar

AutonetMagz.com – Biasanya kita akan membahas penjualan – penjualan mobil di Indonesia mulai dari segmen paling berdarah – darah seperti LMPV, lalu LSUV dan beberapa segmen lain seperti LCGC dan juga CUV. Nah, kali ini kita mau coba menengok penjualan dari negeri tetangga, Thailand. Segmen yang akan kita bahas kali ini adalah segmen B-SUV alias sub compact Crossover dimana di dalamnya bercokol beberapa nama yang sudah tenar di tanah air seperti Honda HR-V, Toyota CH-R, Mazda CX-3 dan juga Ford EcoSport. Lalu, siapa jawaranya di sana? Apakah Honda HR-V juga seperti di Indonesia?

Nyatanya tidak, namun hampir. Yap, penjualan dari Honda HR-V di Thailand sebenarnya tidak buruk, namun bukan yang terbaik. Selama bulan Januari hingga bulan Oktober silam Honda HR-V di Thailand mampu membukukan penjualan mencapai 12.309 unit. Capaian tersebut membuat Honda HR-V hanya menduduki posisi kedua saja di dalam daftar penjualan B-SUV di Thailand. Lalu, siapa jawaranya? Seperti yang sudah bisa kalian baca di judul, jawara segmen ini di Thailand adalah Toyota C-HR. Yap, capaian inilah yang membuat Toyota C-HR bisa melenggang dengan nyaman ke posisi teringgi dari Thailand Car of The Year 2018 ini. Sepanjang bulan Maret hingga Oktober, Toyota C-HR sukses membukukan angka 13.262 unit. Padahal data yang kami kutip dari Headlightmag ini sudah ‘kalah start’ 2 bulan dari Honda HR-V

Salah satu penyumbang capaian yang tinggi ini adalah bulan – bulan awal, dimana di bulan Maret Toyota C-HR mampu membukukan angka 2.184 unit sebulan, dan 5 bulan berikutnya stabil di atas angka 1.500 unit per bulan. Sedangkan Honda HR-V memulai tahun ini dengan capaian per bulan tak tembus 1.000 unit, bahkan sempat mencapai 480 unit saja di bulan Juni silam. Namun perlahan penjualannya naik, dan sempat unggul secara penjualan bulanan terhadap Toyota C-HR di bulan Agustus hingga bulan Oktober kemarin. Lalu, bagaimana dengan Mazda CX-3? CUV milik Mazda ini harus puas di posisi keempat dengan penjualan yang angkanya jauh di bawah posisi tiga besarm yaitu cuma 2.701 unit saja. Namun capaian ini terbilang tinggi jika dibandingkan dengan pasar Indonesia.

Lantas, jika Mazda CX-3 ada di posisi 4, siapakah posisi ketiganya? Adalah MG ZS yang menduduki posisi ini. Asing dengan namanya? Mungkin iya. MG Motor sendiri adalah pabrikan yang berasal dari Inggris, dan kini dimiliki oleh SAIC China. MG ZS sendiri dibangun dengan basis MG Rover 45, dan menggunakan mesin hasil kerjasama SAIC-GM. Berarti masih saudara dengan Wuling? Saudara jauh lebih tepatnya. MG ZS sendiri membuntuti Honda HR-V dengan capaian yang cukup tipis, yaitu 12.121 unit sepanjang Januari hingga Oktober 2018. Beda tak sampai 200 unit dengan Honda HR-V. Sedangkan di posisi akhir ada Subaru XV dengan capaian 1.231 unit sepanjang Januari hingga Oktober, dan paling akhir adalah Ford EcoSport yang hanya meraih angka 695 unit saja. Bahkan, di bulan Oktober silam CUV Ford ini cuma laku 1 unit, suram.

Jadi, bagaimana tanggapan kalian atas capaian dan persaingan kedua CUV dari Honda dan Toyota ini? Sayang di Indonesia persaingannya tak sesengit ini. Yuk sampaikan pendapat kalian.

Sumber : Headlightmag

Read Prev:
Read Next: