Honda Jazz Type R Punya Kemungkinan Jadi Nyata

Honda Jazz Type R Punya Kemungkinan Jadi Nyata
0  komentar

AutonetMagz.com – Honda sudah menyadari bahwa Honda Civic Type R benar-benar jadi prajurit tunggal yang membawa nama besar Type R, lini performa tinggi Honda. Mereka belum siap untuk meracik NSX-R karena satu dan lain hal, tapi bagaimana kalau mobil lain yang dijadikan Type R? Contoh paling dekat tentu saja Honda Jazz atau Honda Fit. Bukankah menarik apabila Honda memanaskan hatchback andalan mereka itu?

Apalagi Toyota sudah punya Toyota Yaris GR yang benar-benar mereka buat sendiri berdasarkan ilmu balap reli dan keahlian divisi balap Gazoo Racing. Sesama merek Jepang lain, Suzuki masih punya Suzuki Swift Sport, kali ini dengan mesin turbo. Masihkah ada kemungkinan Honda Jazz muncul dalam versi performa tinggi berlabel Type R? Takeki Tanaka, manajer proyek Honda Jazz sudah ngobrol bersama Autocar soal prospek mobil seperti Honda Jazz Type R.

Menurutnya, saat ini belum ada rencana memperkenalkan Jazz Type R meski ia juga mengakui bahwa,”Kemungkinan akan selalu ada.” Pernyataan ini berdasarkan referensi pembelian konsumen mobil di Asia, di mana mobil yang enak untuk dikemudikan secara dinamis sedang naik daun. Terlebih, fans Honda tahu kalau Honda punya mobil-mobil yang menarik untuk dikemudikan seperti Honda S660, tapi itu khusus pasar Jepang saja. Kalau mau beli, harus impor sendiri.

Sebagai tambahan, pimpinan proyek Honda Civic Type R, Hideki Kakinuma berbicara soal ekspansi model Type R dengan teknologi listrik. Tentu saja ia merujuk ke city car listrik Honda yang lucu dan imut, Honda e. Bayangkan mobil imut seperti Honda e punya performa meledak-ledak, bakal jadi pocket rocket baru pastinya. Namun tentu saja, itu semua masih kemungkinan, realitanya masih jauh dari harapan.

Honda Jazz atau Honda Fit sendiri saat ini sudah mencapai generasi keempat, dan pertama kali diperkenalkan dengan mesin hybrid baru. Versi non-hybrid sudah menyusul, dan beda dengan Jazz GK5 yang kental gaya sporty, Honda Jazz baru seolah kembali berbentuk membulat seperti Jazz GD yang pertama kali keluar. Menurutmu, apakah Jazz Type R harus jadi kenyataan? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: