Jaguar Land Rover Berniat Membeli Sirkuit Silverstone yang Sedang Alami Situasi Sulit

Jaguar Land Rover Berniat Membeli Sirkuit Silverstone yang Sedang Alami Situasi Sulit
0  komentar
sirkuit silverstone

AutonetMagz.com – Sirkuit balap legendaris di Inggris, Silverstone tengah menarik minat dan uang dari kantong para petinggi Jaguar Land Rover. Setelah membuat beberapa pertanyaan dan penawaran tentang nilai dari sirkuit dan tanah Silverstone, jika semuanya berjalan sesuai rencana, Jaguar Land Rover ingin membuat markas baru di sana dan membangun fasilitas seperti kantor, pusat warisan budaya JLR, hotel, dan pusat pengunjung.

Sekarang ini sirkuit Silverstone dimiliki oleh The British Drivers Club dan akan memerlukan persetujuan dari 850 anggotanya jika mereka ingin kesepakatan ini untuk terus maju. Para anggota ini telah menolak tawaran pembelian serupa di masa lalu, meskipun sudah diketahui bahwa GP Inggris tidak lagi membawa keuntungan bagi Silvertone dan sedang berjuang untuk membayar biaya mahal dari Grand Prix yang diminta oleh F1.

Aston-Martin-berencana-masuk f1-tahun-2016-aston-martin-f1

Sirkuit Silverstone adalah salah satu trek yang paling populer di dunia dan telah dijuluki The Home of British Racing karena kiprahnya yang panjang dalam dunia motorsport, tepatnya sejak tahun 1948 ketika menjadi tuan rumah GP Inggris. Pada tahun 1950, Silverstone juga berkesempatan menjadi tuan rumah balapan World Championship of Drivers. Juga, itu adalah salah satu dari tujuh sirkuit yang rutin dihadiri pada kalender F1. Selain F1, MotoGP juga sering mampir di situ.

motogp-silverstone-2015-start

Meskipun tahu warisan budaya dan sejarah Silverstone, Bernie Ecclestone, kepala eksekutif dari Formula 1 Group, baru-baru ini menyatakan bahwa biaya yang ditagih pada Silverstone tidak akan dikurangi, bahkan jika itu berarti Silverstone akan kehilangan kesempatan untuk menjadi tuan rumah F1. Diketahui bahwa Ecclestone sekarang lebih tertarik Timur Tengah dan Asia, dan dia sedang mencoba untuk berkonsentrasi bisnisnya di daerah itu dan meninggalkan trek Eropa dari perhatiannya.

Sirkuit legendaris Inggris ini bukan satu-satunya yang punya masalah soal biaya tinggi yang harus dibayar untuk tetap jadi tuan rumah balap F1. Imola, tuan rumah GP Italia, yang sebagian besar dikenal karena insiden mengerikan di mana Juara Dunia 3 kali F1 dan salah satu pembalap terbaik dalam sejarah, Ayrton Senna, kehilangan nyawanya, berada di situasi yang sama seperti Silverstone.

jaguar-f-type-r-coupe

Menurut konsultan properti Cushman & Wakefield, seperti dikutip Financial Times, sirkuit Silverstone diyakini memiliki nilai sebesar £ 22.700.000. Jika dirupiahkan, bisa mencapai 470,83 T Rupiah. Jika Jaguar dan Land Rover jadi memilikinya, maka mungkin bisa menutup biaya yang harus dibayar jika ingin F1 tetap digelar di Silverstone. Secara tak langsung pun maka Silverstone bakal menjadi milik merek India, alias Tata Motors.

Setujukah kamu jika Silverstone dibeli oleh Tata Motors… Maksudnya Jaguar Land Rover? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Andy

    Wah bener juga, bisa jadi milik India. Tapi masalahnya bagaimana JLR cari duit segitu.. Ngutang ke mana lagi..

  • Joni

    Imola tu di negara San Marino, bukan Italia.