Jaguar dan Land Rover Bisa Restorasi Mobil Lawas Mereka Seperti Baru

Jaguar dan Land Rover Bisa Restorasi Mobil Lawas Mereka Seperti Baru
0  komentar

AutonetMagz.com – Mobil-mobil lawas benua Eropa memang terkenal akan ketahanannya yang impresif. Bahkan banyak mobil buatan mereka yang umurnya sudah setengah abad masih bisa kita lihat berkeliaran di jalanan kota hingga ke daerah pedesaan. Tidak sedikit masyarakat yang mencarinya untuk koleksi bahkan menjadikannya bahan modifikasi. Maka dari itu kondisi kendaraan saat pembelian juga harus diperhatikan agar tidak keluar biaya yang tak terduga.

Jika berada di tangan yang tepat, mobil tua tersebut bagaikan mobil yang melakukan perjalanan melintasi waktu, bersih mulus dengan performanya yang masih terjaga. Harga jualnya pun bahkan bisa lebih tinggi dari harga beli kalau mobilnya masih dalam kondisi yang prima. Jadi, membeli mobil tua tidaklah segampang membeli mobil-mobil modern, banyak faktor yang dapat mempengaruhi pembelian. Harga, suku cadang, kondisi hingga sarana perbaikan menjadi hal yang utama dalam membeli mobil-mobil tersebut. Terkadang juga hal-hal itulah yang membuat orang akan memperhitungkan kembali perihal kepemilikan kendaraan tuanya. Tetap pertahankan atau lepaskan.

Namun, sepertinya faktor tersebut tidak perlu dipikirkan secara serius bagi para penggemar mobil lawas rakitan Inggris yang satu ini.

Karena Jaguar Land Rover (JLR) sejak tahun 2011 mulai membangkitkan kembali mobil uzurnya untuk dijual dalam kondisi yang benar-benar baru kepada para penggemar setia manufaktur mobil tersebut. Dimulai dari program restorasi-dan-jual Range Rover Series, Jaguar XKSS juga Lightweight E-Type yang berasal dari tahun 1948, 1957 dan 1963 tereksekusi secara sukses, hingga sekarang pada bulan Januari tahun ini mereka mulai merekondisikan Range Rover Classic ‘Mark 1’nya yang berasal dari tahun 1978. Benar-benar cara yang tidak biasa untuk mengembalikan nuansa old school mobil JLR keluaran tahun 1950-1980an. Sepertinya mereka susah untuk move-on karena sudah nyaman dengan yang dulu. Awas jangan baper.

Bayangkan, dalam kondisi separah apapun, jika mereka menemukan unit yang telah disebutkan diatas terlantar begitu saja tanpa kepemilikan yang jelas, tim JLR Classic akan langsung menyeretnya untuk direkondisi ulang, kembali seperti baru dan langsung dijual kembali. Daripada di hak milikin sama hati yang lain.

Dalam merestorasi mobil SUV uzur ini, tim JLR Classic benar-benar totalitas dalam membangunkannya kembali. Mereka sepertinya ingin agar masyarakat dapat merasakan sejarah kehebatan Range Rover yang terkenal akan ketangguhannya dalam kondisi yang sangat baru. Mengapa begitu? Karena semua bagian dari mk1 akan dibuat persis seperti keluaran pabrikannya di tahun ‘70an, interior maupun eksterior. Sehingga kesan berkendara kembali ke zaman keemasan Range Rover akan semakin kuat. Layaknya sejarah yang diulang kembali.

Namun sayang, karena totalitas tim JLR Classic dalam membangun sebuah mobil terlalu ‘sempurna’, mesin berkapasitas 3.500cc Rover V8 untuk Range Rover Classic mk1 ini masih tetap dipakai dan dijaga spesifikasinya. Mungkin terdengar hebat dengan embel-embel V8, tetapi dengan mesin sebesar itu, mobil ini hanya mengeluarkan tenaga sebesar 132hp. Walaupun bobot mobil ini masih terhitung ‘ringan’ karena tidak dibekali fitur-fitur modern saat ini.

Range Rover Classic mk1 ‘Reborn’ ini nantinya akan diluncurkan pada pameran Salon Rétromobile di Paris bersamaan dengan Jag XKSS dan Lightweight E-Type tahun ini. Jadi untuk para penggemar SUV lawas, dengan harga yang mencapai £ 135,000, apakah Range Rover Classic mk1 ini masih worth-to-buy? Jika anda ingin merasakan mobil lama rasa ‘baru’, mengapa tidak.

Read Prev:
Read Next: