Intip Lini Perakitan BMW Indonesia, 1 Mobil Selesai Tiap 40 Menit

by  in BMW&International
0  komentar
perakitan bmw x1 indonesia

AutonetMagz.com – BMW X1 yang kemarin sudah resmi menyapa Indonesia merupakan mobil CKD yang dirakit secara lokal di fasilitas perakitan BMW di bilangan Sunter. Lebih tepatnya, di Produciton Network 2 Gaya Motor yang sudah lama menjalin kerja sama dengan BMW Group Indonesia. Di sini banyak mobil BMW yang dirakit lokal, seperti 3 Series, 5 Series, X5 baru dan X1 baru, dan hanya X5 yang semua bagian mobilnya diimpor dari Amerika Serikat, sementara yang lain impor dari Jerman.

Kami sangat puas dengan kemitraan bersama Gaya Motor, dengan mengaplikasikan standar tinggi pada proses, kontrol kualitas, dan tingkat keselamatan pekerja. Hal ini memastikan seluruh kendaraan BMW yang di rakit di Indonesia memiliki standar tinggi khas kendaraan  premium yang berkualitas tinggi sesuai dengan ekspektasi pelanggan kami di Indonesia,” ungkap Karen Lim terkait proses perakitan BMW di Indonesia.

proses perakitan bmw x1 indonesia

Di Production Network 2, Gaya Motor, kami memproduksi hingga 12 unit the all-new BMW X1 perhari. Peluncuran lini produksi the all-new BMW X1 sangat didukung oleh para ahli dari pabrik BMW di Jerman. Mereka memberikan pelatihan pada proses perakitan dan kontrol kualitas selama 2 bulan. Interaksi berkesinambungan adalah kunci dari kesuksesan peluncuran lini produksi baru ini, ditambah pemahaman yang sangat baik dari karyawan Gaya Motor dalam menerapkan standar yang tinggi dalam proses produksi. Kami sangat puas dengan hasil akhir yang dihasilkan. Pabrik Gaya Motor secara konsisten terus mengikuti standar tinggi yang di tetapkan BMW secara global dalam hal proses produksi dan kontrol kualitas,“ ujar Albert Reichl, BMW Production Network 2 Management Production Partner for Indonesia.

proses perakitan interior bmw x1 indonesia

Di sini, rata-rata 1 mobil bisa selesai dirakit dalam waktu kurang lebih 40 menit. Lumayan memakan waktu? Wajar, ini BMW, bukan merek mobil biasa yang kontrol kualitasnya tidak seketat merek Jerman. Jika pabrikan tertentu tidak akan masalah dengan dashboard yang bergoyang atau pelapis yang tidak rapat, BMW tidak. These are cars which engineered by Germans, not cars engineered by germs. Setelah selesai perakitan, mobil akan dites di sirkuit kecil sebelum disebarluaskan ke dealer.

proses perakitan final bmw x1 indonesia

Unit yang dirakit di sini memang khusus untuk pasar Indonesia saja, jadi tidak ada unit yang diekspor ke negara lain. Selain di Indonesia, BMW juga punya fasilitas perakitan di Malaysia dan Thailand. Sekalian mengingatkan, BMW X1 baru sekarang sudah dijual dengan harga 619 juta dan 659 juta Rupiah Off The Road. Mobil ini membaik dibanding sebelumnya, meski format FWD akan membuat fans BMW garis keras memperdebatkan mobil ini. Simak video FI Review BMW X1 kami, namun mohon maaf bila kualitas rekamannya tidak sebagus biasanya.

Read Prev:
Read Next:
  • handoyo

    Apakah Gaya Motor juga melakukan assembly utk brand selain BMW?

    • Hillarius Satrio

      yap, ada beberapa merek mobil lain yang nebeng ngerakit modelnya di tempat yang sama

    • Indra

      Ada, UD trucks dan Isuzu Panther, dari merek Astra semua.

    • C5W

      dasarnya Gaya Motor itu anak perusahaan Astra group, memang deket dengan BMW, karena dulu sebelum kepisah, BMW itu dipegang sama Astra group, tapi sekarang, Gaya Motor mirip kaya National Assembler-nya si Indomobil, jadi bisa terima rakit macem2 mobil, asal ada yang kuat bayar, kalo gak salah, dulu si geely dirakit di sini juga

      • Indra

        Sekarang Astra megang 3 bagian di BMW: 1. Importir (lewat PT. Tjahja Sakti Motor), 2. Perakit (PT. Gaya Motor) dan 3. Salah satu main dealer (Astra BMW). Tapi utk APMnya sudah dipegang penuh oleh prinsipalnya sejak 2000an.

  • farhan

    bang hillsat, ada beberapa koreksi yang diperlukan bang
    Produciton-> production
    These are cars which engineered by Germans-> seharusnya these are cars which are engineered by germans

    • C5W

      thankiu koreksinya, sat, belajar enggeris lagi noh….

  • farid

    Proses perakitannya benar2 presisi dan pengerjaan yg rapi,gak asal2an buat mengejar target produksi sehingga build qualitynya jelek kaya yg dilakukan atpm merek H tegak.kapan nih BMW mau mengekspor mobil yg dirakit di indonesia,di thailand dan malaysia aja rencananya BMW bakal mengekspor mobil yg dirakit disana

    • C5W

      beda perbandingan sih mas, yang satu mass product untuk ngejar quantity, yang satu premium product untuk ngejar quality, jadi beda paradigma manufakturing, bukannya ngebelain yah, kalo HPM disuruh bikin 12 mobil doang sehari sih, Mobilio build qualitynya bisa sama kaya BMW juga (build quality yah, bukannya material)….CMIIW
      Untuk BMW, mereka gak ekspor loh, jadi pabrik utk Indo produksi utk indo, utk Thailand, mreka juga bikin pabrik di thailand, itu strategi mereka utk SEA region….

  • freaky

    Bang Hillsat, sepertinya arti BC yang ada di video itu Board-Computer deh bukan Button-Cycle..CMIIW

  • Ronny Rasdyantoro

    Gw pengen nih all new x1 BMW 2016