BMW Ajukan Paten Untuk Sistem Deteksi Gores Bodi Mobil

by  in  Berita & BMW & BMW
BMW Ajukan Paten Untuk Sistem Deteksi Gores Bodi Mobil
0  komentar

AutonetMagz.com – Gak ada angin, gak ada ujan, eh tau-tau bodi mobil kita sudah dalam keadaan lecet, menyebalkan sekali bukan? Bagi kalian para pemilik BMW ada kabar gembira nih, BMW baru-baru ini mengajukan paten untuk sistem yang mampu mendeteksi goresan. Sistem ini akan membunyikan alarm dan mengirim sinyal, yang kami asumsikan akan langsung ke smartphone pemilik. Atau bisa juga ke kunci digital BMW berbasis smartphone untuk beberapa model.

Bagaimana Cara Kerjanya?

BMW sedang mencari untuk mematenkan sistem yang terdiri dari film (lapisan) pelindung yang dapat langsung diaplikasikan ke bodi mobil. Kurang lebihnya mirip dengan lapisan pelindung cat, namun disertai dengan sensor elektronik yang memungkinkan untuk mendeteksi goresan dan memperingatkan pengemudi kerika kembali ke mobilnya. Sistem ini terdiri dari kamera yang dapat merekam tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab atas goresan, sistem tersebut dapat menyimpan rekaman tersebut dan semua detail yang diperlukan.

BMW pada dasarnya menerapkan “scratch-sensitive skin” pada mobil. Arus eletrikal secara konstan akan terus-menerus mengalir melalui bodi mobil, dan komputer dapat mendeteksi bila ada perubahan arus. Saat itulah sistem peringatan dan kamera mulai bekerja. Jika Anda mengemudi saat mobil tergores, Anda akan mendapatkan peringatan suara dan indikator di kluster instrumen. Atau Anda bisa melihat dan mendengarkan suara gesekan. Sistem ini benar-benar hanya berlaku saat Anda tidak berada di dalam mobil

Cocok Untuk Lahan Sempit

Menurut Thedrive, BMW sebanarnya belum benar-benar mendaftarkan paten ini. Sekalipun demikian, paten tidak selalu fix akan diproduksi. Literatur paten menunjukkan sistem tersebut berasal dari China, di mana kota-kota disana tidak memiliki infrastruktur jalan atau parkir yang mendukung pertumbuhan jumlah mobil di negara itu. Karena itu, parkir sering dilakukan dalam tempat yang sangat sempit dan sering kali menyebabkan mobil tergores tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Akankah BMW memasukkannya ke dalam produksi? Ini tidak tampak seperti sistem yang sulit untuk direkayasa, tetapi kemungkinan besar akan cocok jika menjadi opsional pada produk flagship-nya seperti BMW Seri 7. Atau bisa juga ke mobil yang memiliki ikatan emosional yang kuat pemiliknya seperti BMW M4 CSL. Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: