BMW Motorrad Perkenalkan R 1200 GS xDrive Hybrid, Motor AWD

by  in Berita&BMW&International
BMW Motorrad Perkenalkan R 1200 GS xDrive Hybrid, Motor AWD
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa tahun belakangan ini pasar roda dua telah banyak berkembang, tak hanya dari sisi penjualan namun juga dari segi fitur dan teknologi yang disematkan pada sang kuda besi. Beberapa teknologi yang sebelumnya hanya hadir di roda empat pun kini mulai digunakan di beberapa motor yang dijual di pasaran, katakanya seperti mesin dengan katup variabel, pengereman ABS, fitur smart key, transmisi DSG, dan masih banyak lainnya. Namun terbaru, BMW Motorrad memperkenalkan sebuah improvement baru bagi segmen roda dua, yaitu penambahan fitur xDrive Hybrid.

Jika kita mengamati jajaran mobil BMW, varian xDrive bisa dikatakan cukup spesial. Karena setiap produk yang menggunakan embel embel xDrive bisa dipastikan memiliki sistem penggerak All Wheel Drive, baik itu seri X maupun seri yang lainny. Dan kini BMW menambah panjang varian yang mendapatkan penggerak all wheel drive, namun kali ini hanya beroda dua. Yes, BMW Motorrad resmi memperkenalkan BMW R 1200 GS dengan penggerak xDrive Hybrid.

Mengapa di sebut Hybrid? Kami akan memberikan penjelasannya. Motor ini dikembangkan dari motor adventure BMW yang sudah ada yaitu seri R 1200 GS Adventure. Motor ini pula menjadi motor pertama yang menggunakan penggerak seluruh roda. Nama Hybrid dikenakan oleh motor ini karena roda depan motor ini digerakkan oleh motor listrik yang dilengkapi pula dengan BMW i-battery technology, yang selain mampu menjalankan perannya sebagai motor listrik juga dapat menjadi generator.

Secara normal, motor petualang ini akan mampu menelurkan tenaga maksimal 125 hp pada putaran mesin 7,750 rpm dan torsi maksial di angka 125 Nm pada 6,500 rpm. Namun itu jika anda hanya memanfaatkan penggerak belakang, jika anda menekan tombol 2WD di stang sebelah kiri, maka motor akan aktif dan memberikan pengendaraan AWD melalui motor listrik di depan. Dan dengan tambahan motor listrik, tenaga pun ikut bertambah signifikan sebanyak 45 hp. Jadi saat AWD aktif, tenaga motor ini mampu menyentuh angka 170 hp menurut klaim BMW, luar biasa.

Dan seperti halnya mobil berpenggerak AWD, motor ini pula akan mendapat kelebihan yang dimiliki sistem AWD, yaitu adalah traksi yang lebih mumpuni, baik di jalan yang licin maupun di jalan yang memiliki tingkat traksi rendah hingga pasir yang dalam dan jalan berlumpur. BMW juga menyematkan teknologi regenerative braking, yang berarti  motor ini mampu menyimpan tenaga saat motor melakukan pengereman, dan menyimpan tenaga. Dan dibanding dengan saudaranya yang berpenggerak roda belakang, R 1200 GS xDrive Hybrid hanya mendapatkan satu cakram di depan, dan ban yang bertipe all season tyre.

Bahkan, menurut Reiner Scherbeck, kepala tim uji musim dingin BMW Motorrad, motor ini telah melakukan banyak pengujian yang berat sebelum akhirnya diluncurkan ke publik. Motor petualang ini mampu melewati medan bersalju setinggi 1,25 meter melalui pengujian yang dimulai di North Cape, Norwegia dan berlanjut menyeberangi laut Barents ke kutub utara dan kembali lagi. Motor ini menunjukkan ketangguhan uji bahkan di suhu minus 56 derajat, amazing.

Belum ada kejelasan terkait harga dari motor petualang segala medan ini, namun dengan sejumlah tawaran yang menarik, tentu motor ini sangat menggiurkan pada penggila petualangan. BMW Motorrad sendiri akan membawa unitnya untuk dipajang di beberapa lokasi guna memperkenalkan motor ini ke publik. Untuk unit yang dijual, BMW mengklaim bahwa konsumen sudah bisa memboyongnya pada semester kedua tahun ini. Jadi, motor AWD, apakah anda tertarik? berikan komentarmu kawan.

Read Prev:
Read Next: