Inilah Masalah Dibalik Recall Honda CR-V Turbo China

by  in Berita&Honda&International
Inilah Masalah Dibalik Recall Honda CR-V Turbo China
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalian masih ingat dengan kabar mengejutkan tentang dihentikannya penjualan dari Honda CR-V Turbo oleh Dongfeng Honda di China beberapa waktu lalu? Kalau lupa, coba lihat artikel ini. Nah, Kalau kalian sudah ingat, maka kalian pasti bertanya – tanya, memangnya apa sih masalah dari mobil ini? Kok sampai dihentikan penjualannya. Nah, sebuah media dari Jepang menguak bocoran mengenai apa masalah mobil tersebut.

Jika sebelumnya kabar mengatakan bahwa cuaca dingin menjadi masalah utama mesin 1.500cc VTEC Turbo milik Honda CR-V Turbo, maka menurut media asal Jepang yaitu Mag-x menambahkan bahwa SUV lansiran Dongfeng Honda ini juga bermasalah pada aliran bahan bakarnya. Aliran bahan bakar dari mobil ini akan mengalir pada bak oli mesin. Dengan kondisi itu, maka bahan bakar tersebut akan bercampur di dalam crankcase pada beberapa kondisi tertentu. Hasilnya, akan ada peningkatan jumlah oli di dalam mesin. Kondisi ini sendiri terjadi di mesin Honda CR-V Turbo yang dirakit oleh Dongfeng Honda China.

Nah, Apakah cuaca ekstrim juga turut berpengaruh pada masalah ini? Nampaknya hasil investigasi yang utuh diperlukan untuk mengetahui apa benar masalah cuaca berpengaruh, atau masalah aliran bahan bakar tersebut yang menjadi masalah utama. Namun memang ada kecurigaan bahwa kondisi ini hanya terjadi di Honda CR-V Turbo lansiran Dongfeng Honda saja, karena sejauh ini untuk Honda CR-V Turbo yang berada di daerah yang cukup ekstrim cuacanya seperti di Kanada tidak ditemui masalah seperti ini. Beberapa pihak pun mulai mempertanyakan masalah kualitas dari joint venture Honda di negeri tirai bambu ini.

Masalah dari Honda CR-V Turbo di China ini sendiri berujung pada program recall yang harus dilakukan pada sebanyak 350.000 unit mobil. Selain itu, Honda CR-V Turbo juga harus dihentikan penjualannya sementara waktu hingga masalah ini ditangani dengan tuntas. Beberapa media juga mengekspose adanya kemungkinan salah satu saudara semesin Honda CR-V Turbo yaitu Honda Civic Turbo juga mengalami masalah yang serupa, secara mesin keduanya memang sama. Namun memang sampai saat ini yang menjadi masalah utama adalah mesin Honda CR-V Turbo, kalau mesin Honda Civic Turbo yang bermasalahan kan malah terjadinya di Indonesia.

Tentunya kita tak berharap bahwa masalah yang sama juga akan menjangkiti mesin VTEC Turbo dari Honda CR-V Turbo dan Honda Civic Turbo yang dipasarkan di tanah air, namun sejauh ini memang indikasinya maslaah ini merupakan masalah untuk mobil rakitan Dongfeng Honda. Jadi, bagaimana kalau menurut kalian?

Sumber : Mag-x Japan

Read Prev:
Read Next: