Honda Prospect Motor Koreksi Target Tahunan menjadi 170 Ribu

by  in Berita&Honda&Merek Mobil
Honda Prospect Motor Koreksi Target Tahunan menjadi 170 Ribu
0  komentar

AutonetMagz.com – Sektor ekonomi nampaknya memang sedang berada di dalam kondisi yang kurang oke akhir – akhir ini, apalagi dengan adanya penurunan kekuatan Rupiah akan Dollar Amerika Serikat yang kita alami dalam beberapa waktu terakhir. Nah, faktor ini nampaknya sedikit banyak berpengaruh pada sektor otomotif, hingga APM dari Honda di Indonesia yaitu Honda Prospect Motor (HPM) melakukan koreksi atas target penjualannya untuk tahun 2018 ini. Koreksi ini sendiri dilakukan dengan angka sebesar 5% dari target semula yang ditetapkan HPM untuk tahun ini.

Marketing & Aftersales Sales Service Director dari HPM yaitu Jonfis Fandy menyebutkan pada hari Sabtu, 13 Oktober 2018 kemarin jikalau keputusan ini sendiri sudah memperhitungkan beberapa faktor yang mendasarinya. Beliau juga menambahkan bahwa faktor tersebut lebih kepada mobil baru dari Honda. Dalam dua tahun terakhir ini Jonfis mengakui bahwa pihak Honda belum memiliki produk yang sepenuhnya baru, dan tentunya hal ini membuat pasar mereka lebih berat. Jonfis menambahkan bahwa pihaknya memprediksikan capaian di angka 170.000 unit akan tercapai di penghujung tahun 2018 mendatang, turun 10.000 unit dari target awal yang ada di angka 180.000 unit.

Sejauh ini, pihak Honda sendiri sudah mampu membukukan capaian penjualan wholesales sebanyak 117.742 unit dari bulan Januari hingga bulan September 2018 silam. Capaian ini membuat Honda duduk di posisi ketiga sementara ini dalam urusan marketshare dengan raihan 13,7%, kalah dari Toyota dan Daihatsu yang ada di posisi pertama dan kedua. Sedangkan penjualan secara retail dari Honda ada di angka 121.873 unit sepanjang 9 bulan pertama tahun ini. Padahal, secara umum wholesales dari roda empat di Indonesia bertumbuh dengan angka sekitar 6%. Nah, kembali ke Honda, pabrikan asal Jepang ini memang tak memiliki produk yang sepenuhnya baru di tahun ini. Honda hanya menelurkan New Honda Brio yang berganti buntut dan menggunakan wajah ala Honda Mobilio dan juga Honda HR-V facelift.

Selain kedua produk itu, pihak HPM juga memberikan penyegaran pada Honda Mobilio dan Honda BR-V di IIMS 2018 silam. Honda Accord, Honda Civic Turbo baik hatchback maupun sedan, Honda CR-V, Honda Jazz dan Honda City plus Honda Odyssey masih mengandalkan tampang yang sama. Kita lihat saja bagaimana sepak terjang dari pihak Honda ke depannya, namun yang jelas pihak Honda harus waspada karena beberapa segmen yang laris manis seperti LSUV dan LMPV serta small hatchback kini makin ketat dengan munculnya produk baru dari para pesaingnya. Kemunculan produk – produk baru ini membuat produk Honda di tiga segmen tersebut menjadi terasa ‘tertinggal‘ karena memang belum ada pembaharuan yang signifikan.

Jadi, kalau menurut kalian bagaimana? Apakah koreksi dari target yang menurun ini akan dibalas oleh pihak Honda dengan produk baru di tahun depan? Atau malah tidak? Bagaimana menurut kalian langkah terbaik untuk Honda? Yuk sampaikan pendapat kalian.

Read Prev:
Read Next: