Yuk, Simak Hasil Tes Tabrak ASEAN NCAP Toyota Agya dan Daihatsu Ayla!

Yuk, Simak Hasil Tes Tabrak ASEAN NCAP Toyota Agya dan Daihatsu Ayla!
0  komentar
tes-tabrak-daihatsu-ayla-airbag

AutonetMagz.com – Jika kemarin hasil tes tabrak Datsun GO Panca yang sudah ber-airbag telah dirilis oleh ASEAN NCAP, sekarang giliran kompetitornya. Duet LCGC Astra, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla akhirnya menjalani ritual uji kekuatan dan keamanan yang diadakan oleh lembaga yang sama. Sebelumnya, kembaran mereka berdua, yakni Perodua Axia sudah dites juga, dan memperoleh hasil bintang 4. Nah, apa versi Indonesia sama bagusnya dengan versi Malaysia?

Dari kubu Daihatsu, yang dites ada 2 tipe Daihatsu Ayla, yakni yang punya 2 airbag dan satu lagi yang tidak punya airbag sama sekali. Sementara Toyota Agya menyerahkan tipe yang sudah dilengkapi dengan 2 airbag untuk dihancurkan. Tentu hasilnya pasti beda, tapi seberapa jauh bedanya?

tes-tabrak-daihatsu-ayla-non-airbag

Tidak bisa dibilang bagus-bagus amat untuk Daihatsu Ala… Maksudnya, Ayla yang tidak punya airbag, karena ia hanya dapat 1 bintang untuk perlindungan orang dewasa dan 2 bintang untuk perlindungan anak-anak. Setidaknya ini masih lebih baik dibanding Datsun GO non-airbag atau Hyundai Grand i10 rakitan India yang gagal di crash test Latin NCAP yang tidak punya airbag, sementara Hyundai Grand i10 ber-airbag hasilnya jauh lebih baik.

Jika dilengkapi dengan airbag, maka hasilnya lumayan naik drastis. Daihatsu Ayla ber-airbag berhak atas bintang 4 untuk perlindungan anak-anak. Saudara kembarnya yang harganya lebih mahal, Toyota Agya ternyata punya skor total yang lebih baik. Sama-sama bintang 4 seperti Ayla, tapi jika Ayla ber-airbag memiliki skor perlindungan anak hanya 51%, maka Agya lebih baik dengan 84%, namun skor perlindungan orang dewasanya sama dengan Ayla, yakni 12,84 poin.

tes-tabrak-toyota-agya-airbag

Hasil milik Toyota Agya bedanya sangat tipis dengan Perodua Axia, karena skor perlindungan orang dewasa pada Axia adalah 12,91 poin dan skor perlindungan anaknya ada di angka 79%. Quite good for a cheap car, actually, sekaligus memberikan pencerahan kepada konsumen yang belum mengerti bedanya mobil ber-airbag dan yang tidak ber-airbag dalam hal perlindungan. Apa pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: