Hyundai Casper : Mulai 168 Jutaan, Sudah Pakai ADAS!

by  in Berita&Hyundai&International
Hyundai Casper : Mulai 168 Jutaan, Sudah Pakai ADAS!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sekitar 2 minggu lalu, Hyundai Korea Selatan akhirnya mengungkap tabir dari mobil kompak terbaru mereka yaitu Hyundai Casper. Mereka pun langsung menerima order dari mobil kompak yang namanya terinspirasi dari Bobby “Casper” Boyden, bukan dari si hantu baik. Nah, kini pihak Hyundai telah resmi meluncurkan Hyundai Casper untuk pasar Korsel. yang menarik, Hyundai Casper ditawarkan dengan 2 opsi mesin, termasuk mesin turbo, dan harganya bisa dikatakan terjangkau. Yaitu mulai 168,4 jutaan Rupiah saja. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Interior Biasa Saja, tapi Banyak Fitur

Di artikel kali ini, kami tidak akan membahas mengenai eksterior mobil ini. Bahasan terkait eksteriornya bisa kalian lihat di artikel terpisah. Nah, berhubung 2 minggu lalu belum ada bocoran mengenai interiornya, maka kita akan kulik interior mobil ini. Kalau eksterior mobil ini berkesan sangat funky, maka interiornya malah berkesan biasa saja. Dashboard mobil ini nampak tak spesial dengan tarikan garis lurus dan aksen membulat di beberapa bagian. Head unit atau sistem infotainment-nya menggunakan model floating 8 inci yang memiliki fitur Hyundai CarPay. Bukan CarPlay ya, tapi CarPay. Fitur ini memungkinkan pembayaran cashless untuk sejumlah transaksi. Selain itu, sistem infotainment-nya juga sudah mendukung fitur voice recognition. Kisi AC-nya model mengotak dengan sudut membulat, biasa saja. Sedangkan kontroler head unir dan AC ada di sisi tengah, dekat dengan tuas persneling.

Yap, mobil ini masih pakai tuas, belum pakai tombol seperti jajaran mobil Hyundai yang lebih mahal. Di sebelah kanan tuas teransmisi terdapat dial yang berfungsi mengubah diring mode. Ada 3 mode yang bisa dipilih, yaitu Snow, Sand, dan Mud. Sebuah fitur yang tak lazim ada di mobil kota berpenggerak roda depan. Setirnya cenderung unyu dengan model palang 2 dan tombol yang dibuat rounded square. Tapi, kami agak heran mengapa tak ada logo Hyundai disana, jadi setir mobil ini polos. Panel instrumennya sudah full digital, dan ukurannya 4,2 inci. Selain itu, Hyundai Casper juga dibekali sistem audio dengan 6 buah speaker untuk tipe tertinggi, dan 2 speaker untuk tipe terendah. Kurang banyak? Setidaknya, airbag di mobil inilah yang jumlahnya banyak. Mencapai 7 buah airbags, termasuk airbag yang diposisikan diantara driver dan penumpang depan. Joknya menggunakan warna cerah, dan ada 4 buah headrest di mobil ini. Oiya, kursi baris keduanya terpisah 50:50.

Fitur Keselamatan Jempolan

Untuk urusan fitur, Hyundai Casper bisa dikatakan komplit, terutama yang berkaitan dengan aspek keamanan. Mobil mungil ini sudah dilengkapi dengan ADAS alias Advance Driving Assist System. ADAS di mobil ini antara lain adalah Forward Collision Avoidance yang mampu mendeteksi kendaraan, pejalan kaki, dan juga pesepeda. Selain itu ada juga Lane Keeping Assist, Driver Attention Warning, dan High Beam Assist. Sebagai opsional, Hyundai juga menawarkan tambaha fitur seperti Forward Collision Avoidance untuk penyeberang jalan, rear side collision avoidance assist, rear cross traffic avoidance, dan smart cruise control. semuanya di-bundling dalam sepaket Hyundai SmartSense. Kalau konsumen membeli seluruh opsional tersebut, Hyundai Casper yang dimilikinya bahkan lebih canggih dari Hyundai Palisade yang dijual di Indonesia.

Untuk urusan mesin, Hyundai Casper akan ditawarkan dalam 2 opsi mesin, yaitu 1.000cc n/a dan 1.000cc Turbo. Varian tanpa turbo mengandalkan mesin 1.000cc MPI bertenaga 76 PS dengan torsi 95 Nm. Sedangkan varian berturbo menggunakan mesin 1.000cc T-GDI dengan tenaga 100 PS dan torsi 172 Nm. Angka yang lebih dari cukup untuk mobil semungil ini. Btw, Panjang total Hyundai Casper hanya 3,59m dengan lebar 1,59 meter dan tinggi 1,67 meter. Ada 6 opsi warna untuk mobil ini, yaitu Tomboy Khaki, Soultronic Orange Pearl, Atlas White, Titan Gray Metallic, Intense Blue Pearl, dan Unbleached Ivory. Lantas, berapa harganya? Hyundai Casper dijual dalam 3 trim, masing – masing untuk versi non turbo, dan turbo. Keduanya adalah varian Smart, Modern dan Inspiration. Oiya, varian Turbo diberi nama Hyundai Casper Active.

Hyundai Casper Smart dijual mulai 13,85 juta Won atau setara 168,4 jutaan Rupiah. Sedangkan varian Modern dibanderol 15,9 juta Won atau setara 193,3 jutaan Rupiah. Sedangkan trim Inspiration dibanderol 18,7 juta Won atau setara 227,4 jutaan Rupiah. Kalau kalian ingin membeli varian bermesin turbo, maka kalian perlu menambah sekitar 950 ribu Won atau setara 11,5 jutaan Rupiah untuk trim Smart dan Modern. Dan khusus untuk trim Inspiration, perlu merogoh kocek sekitar 900 ribu Won atau setara 11 jutaan Rupiah. Jadi, bagaimana menurut kalian? Cocok diboyong ke Indonesia??

Read Prev:
Read Next: