Chery Akan Comeback ke Pasar Indonesia Akhir Tahun Ini!

by  in Berita&Nasional
Chery Akan Comeback ke Pasar Indonesia Akhir Tahun Ini!
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa anak muda jaman sekarang mungkin akan asing dengan nama Chery, namun bagi kalian yang sudah mengikuti perkembangan otomotif Indonesia selama 2 dekade terakhir, nama Chery jelas punya kenangan tersendiri. Brand asal China ini sempat menjadi buah bibir di masanya, apalagi karena harga mobilnya yang terjangkau. Sayangnya, Chery salah melangkah dan menghilang dari pasar otomotif Indonesia. Tapi, kabar baiknya, Chery akan segera comeback ke pasar Tanah Air. Yuk kita bahas.

Masuk Kuartal IV 2021, Rakit Lokal!

Selama 5 tahun terakhir, pasar otomotif Indonesia bak menjadi destinasi baru dari sejumlah brand asal China. Dimulai dengan Wuling dan DFSK yang membangun pabrik di Indonesia. Lalu ada SAIC Motor Indonesia yang masuk dengan brand MG. Belum lagi kabar BYD yang juga berminat untuk terjun ke pasar Indonesia. Nah, kali ini ada nama lawas yaitu Chery yang juga kembali berminat menggarap pasar Indonesia. Pernyataan ini sendiri muncul dari Marketing Director Chery Motors Indonesia, Qin Gang. Yap, Chery Motor Indonesia sudah dibentuk, dan pastinya mereka sudah serius menggarap pasar lokal. “Kami merencanakan akan memulai kembali pada kuartal keempat tahun 2021″, ujar Qin Gang dikutip dari Detik. Menurutnya, Chery kini sudah berkomitmen untuk membuka fasilitas pabrik perakitan di Indonesia. Namun, informasi terkait pabrik perakitan ini masih cukup terbatas. Saat ini, mereka berfokus untuk membangun jaringan untuk kemudahan layanan 3S.

Head Office Chery di China telah berkomitmen untuk berinvestasi di Indonesia, dan akan mendirikan Agen Pemegang Merk (APM Chery) di Indonesia serta akan membangun jaringan di Indonesia”, tambahnya. FYI, pembangunan pabrik perakitan adalah sebuah keputusan yang besar, dan tentunya serius. Dengan langkah tersebut, bisa dipastikan Chery jauh lebih serius untuk menggarap pasar Indonesia dibandingkan dengan momen di awal tahun 2000-an. Dengan pembangunan pabrik, maka Chery harus memiliki produksi dan pemasaran yang bagus di Indonesia, plus ekspor ke negara sekitar. Ini menjadi ‘garansi’ bagi mereka yang sudah trauma memiliki mobil yang kini APM-nya minggat. Brand di bawah naungan Perusahaan China yang belum memiliki pabrik di Indonesia hanya MG Motor saja. Namun, MG memiliki pabrik perakitan di Thailand, yang notabene masih dekat dengan Indonesia. Nampaknya, ini akan menjadi momen comeback yang positif bagi Chery.

Bukan Sebuah Kejutan

Kabar mengenai Chery yang kembali ke Indonesia sebenarnya bukanlah kabar baru. Penulis juga sudah sempat mengamati pergerakan dari Chery di sosial media melalui akun instagram mereka yang dibentuk di awal 2021. Selain itu, GAIKINDO juga sempat memberikan spill mengenai kehadiran kembali Chery di Nusantara. “Mereka sudah datang ke GAIKINDO, dan minatnya adalah assembling (merakit lokal) disini”, ujar Kukuh Kumara, Sekretaris Umum GAIKINDO. Kehadiran kembali Chery di pasar Indonesia menunjukkan bahwa pasar otomotif di Tanah Air masih menarik minat banyak pabrikan asing. Padahal, saat ini industri otomotif tengah struggling dari dampak pandemi COVID-19. Namun, kondisi tersebut tidak mengurungkan niat dari sejumlah pabrikan untuk berinvestasi di Indonesia, termasuk Chery.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: