Hubungan Hyundai-Apple : Kemarin Mesra, Sekarang Digantung

Hubungan Hyundai-Apple : Kemarin Mesra, Sekarang Digantung
0  komentar

AutonetMagz.com – Apple sempat PDKT dengan Hyundai soal proyek mobil listrik pertama mereka nanti. Alasannya jelas, kalau ingin bikin mobil tapi tidak tahu cara bikin mobil, harus tanya sama yang sudah punya pengalaman. Apple mungkin bisa menjual gadget dengan harga tidak masuk akal, tapi Apple tidak tahu apa-apa tentang mobil sampai saat ini. Untuk itu, Apple kemarin mendekati Hyundai soal proyek mobil listriknya. Saat hal itu terjadi, saham Hyundai naik 24 persen. Wow…

Akan tetapi, kemesraan antara Apple dan Hyundai tidak berlangsung lama. Setelah beberapa waktu pasca muncul kedekatan antara Hyundai dan Apple, Hyundai mundur dan merilis pernyataan resmi baru yang membuat seolah hubungan Hyundai dan Apple seolah digantung.”Hyundai dan Apple sedang berdiskusi, tetapi karena masih pada tahap awal, belum ada yang diputuskan,” demikian potongan dari pernyataan Hyundai.

Menurut analis KTB Investment & Securities Co, Lee Han-Joon,”Apple harus berkawan dengan produsen mobil karena mereka tidak punya kemampuan produksi atau jaringan penjualan untuk berjualan mobil. Membangun kedua hal tersebut tidak mudah dan makan waktu, makanya Apple butuh partner untuk urusan itu.” Sebagai perbandingan,Televisi Korea Economic Daily mengemukakan bahwa cakap-cakap internal sudah rampung dan tinggal tunggu persetujuan bos Hyundai.

Namun mungkin sebenarnya cakap-cakapnya belum final, makanya Hyundai berpikir lagi. Karena sebelumnya ada warta yang mengaitkan Hyundai dan Apple, merek mobil Korea Selatan ini merevisi pernyataannya yang seolah tidak sedang dekat dengan perusahaan teknologi berlogo apel bekas dimakan itu.”Kami telah menerima permintaan untuk kerjasama potensial dari berbagai perusahaan terkait pengembangan mobil listrik autonomous,” demikian bunyi pernyataan Hyundai. “Tidak ada keputusan yang diambil karena diskusi masih dalam tahap awal.”

Sebagai pengingat, sempat beredar rumor bahwa Apple ingin membuat mobil listrik dan proyek ini dinamai “Project Titan”. Gosip ini sempat timbul, tenggelam lalu timbul lagi, meski sebenarnya proyek ini masih rahasia besar. Nah, kalau Hyundai memang sedang pol-polnya berinvestasi di teknologi baterai, mobil listrik dan sistem autopilot, bahkan grup Hyundai (Hyundai, KIA, Genesis dan IONIQ) berencana memperkenalkan 23 mobil listrik baru hingga tahun 2025. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: