Toyota Land Cruiser 70 Jadi Mobil Elektrik?

by  in Berita&Toyota
Toyota Land Cruiser 70 Jadi Mobil Elektrik?
0  komentar

AutonetMagz.com – Nama Land Cruiser lekat dengan mesin diesel berkapasitas besar dan tentunya diikuti dengan tenaga yang juga besar. Mampu melibas medan offroad berat, apa jadinya jika mobil trabas khas Toyota ini mengalami elektrifikasi? Adalah Toyota Australia yang mengeksekusi ide tersebut ke dalam unit Land Cruiser 70 single-cab, atau yang biasa disebut Ute.

Melalui divisi product planning and development mereka di Port Melbourne, Victoria, dan juga bekerja sama dengan perusahaan tambang BHP, lahirlah prototype Toyota Land Cruiser 70 EV. Matthew Callachor selaku CEO dan Presiden Toyota Australia, mengutarakan bahwa proyek ini adalah pembuktian yang bagus atas hubungan mereka sebagai perusahaan yang terkemuka di industri masing-masing. BHP dan Toyota Australia memang diketahui telah menjalin kerja sama selama 20 tahun.

Sebelumnya, Land Cruiser 70 yang dipakai sebagai prototype memiliki mesin 4,5 L V8 Turbo-diesel dengan output 202 hp dengan torsi 430 Nm. Setelah diubah menjadi mobil elektrik, sayangnya pihak Toyota Australia belum membeberkan spesifikasi seputar motor listrik serta drivetrain-nya. Namun pastinya karena memakai motor listrik, torsi besar bin instan mungkin bisa didapatkan dibanding mesin turbodiesel sebelumnya.

Edgar Basto, BHP Presidentof Minerals Australia, mengatakan, “Mengurangi ketergantungan pada diesel dalam operasi kami, akan membantu mencapai target jangka menengah untuk mengurangi emisi operasional hingga 30 persen pada tahun 2030.” Dengan adanya Land Cruiser 70 EV, BHP dan juga Toyota berharap untuk bisa meminimalisir pengeluaran emisi dalam industri masing-masing untuk masa depan yang lebih baik.

Saat ini mobil prototype tersebut sedang melakukan uji trabas hingga ‘berenang’ di situs tambang Nickel West milik BHP. Menurut kalian, apakah Land Cruiser 70 yang kekar cocok dipasangkan dengan mesin yang diam-diam gahar ini? Berikan kometar kalian pada kolom di bawah.

Read Prev:
Read Next: