Mitsubishi & Honda Pastikan Produksi Mobil Listrik di Indonesia!

by  in  Berita & Honda & Merek Mobil
Mitsubishi & Honda Pastikan Produksi Mobil Listrik di Indonesia!
0  komentar

AutonetMagz.com – Makin tingginya awareness publik Indonesia pada kendaraan bermotor listrik membuat banyak pabrikan mulai melirik peluang untuk memasarkan dan memproduksi mobil listrik di Tanah Air. Sebelumnya, pabrikan non Jepang seperti Hyundai dan Wuling sudah lebih dahulu menunjukkan keseriusan mereka. Dan kini, giliran pabrikan asal Jepang yang mulai melirik peluang tersebut. Sesuai dengan judul, dua pabrikan besar yang mengisi posisi 5 besar di Indonesia siap memproduksi mobil listrik di Tanah Air.

Mitsubishi Minicab MiEV Rakitan Indonesia

Yap, Mitsubishi dan Honda, dua raksasa otomotif asal Jepang tersebut telah menyatakan bahwa mereka siap untuk memproduksi kendaraan bermotor listrik rakitan +62. Sebenarnya, informasi ini bukanlah informasi yang baru, karena kabar mengenai investasi keduanya sebenarnya sudah beredar cukup lama. Hanya saja, baru beberapa waktu terakhir ini mereka cukup terbuka dengan rencana tersebut. Oke, kita mulai dari pabrikan berlogo 3 berlian merah yaitu Mitsubishi. Sebenarnya, Mitsubishi tidak memiliki opsi kendaraan bertenaga listrik murni yang proper sebagai passenger car. Namun, mereka punya kendaraan niaga listrik yaitu Mitsubishi Minicab MiEV.

Dan mobil tersebut-lah yang akan dijual dan dirakit lokal di Indonesia. Presiden Direktur baru dari PT MMKSI, Atsushi Kurita dalam acara beberapa waktu lalu menyatakan bahwa pihaknya akan mulai memasarkan Mitsubishi Minicab MiEV mulai awal tahun depan. Dan tak hanya itu, Mitsubishi Minicab MiEV juga akan dirakit lokal di Indonesia. “Kami ingin membantu Pemerintah Indonesia untuk menjadi yang terdepan dalam industri mobil listrik. Kami memiliki produknya dan kami akan menjualnya. Kami akan mulai jual awal tahun depan (2024)”, ujarnya. Sedangkan mantan Presdir MMKSI, Naoya Nakamura juga menekankan bahwa produksi Mitsubishi Minicab MiEV di Indonesia merupakan produksi pertama di luar Jepang.

Honda Jualan Hybrid Dulu, Produksi Kemudian

Lalu, bagaimana dengan Honda? Berbeda dengan Mitsubishi, sebenarnya Honda memiliki ragam produk bertenaga listrik yang lebih komplit di segmen passenger car. Sebut saja sosok Honda e, lalu Honda e:NP1 dan Honda e:NS1, hingga sosok Honda Prologue. Hanya saja, pabrikan berlogo H tegak ini masih nampak main aman. Walaupun begitu, kemarin Honda Prospect Motor (HPM) mengundang awak media untuk mencoba langsung Honda e di pabrik mereka di Karawang. Hmm, sebuah pertanda baik. Walaupun begitu, mereka menyebutkan bahwa kehadiran Honda e di Indonesia masih sebatas studi semata. Tetapi, dalam rilis resmi yang kami terima, HPM menyatakan akan ada 2 kendaraan Hybrid e:HEV yang dipasarkan di Indonesia tahun ini.

Keduanya menurut prediksi kami adalah All New Honda CR-V e:HEV dan All New Honda Accord e:HEV. Dan di akhir rilis resmi tersebut, Honda memberikan misteri berupa kalimat “akan diikuti oleh produk-produk elektrik lainnya dalam tahun-tahun mendatang, termasuk yang akan diproduksi secara lokal di Indonesia“. Yap, akan ada yang diproduksi lokal, dan mobil tersebut masih menjadi misteri. Kami menduga akan ada mobil baru yang khusus untuk pangsa pasar Asia Tenggara yang akan dirakit lokal di Indonesia. Bisa saja versi listrik dari Honda HR-V, atau mungkin versi listrik dari SUV Honda lainnya. Yang jelas, Honda nampak harus membidik segmen pasar kendaraan listrik ini dengan secermat mungkin.

Jadi, bagaimana kalau menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: