Honda Tinjau Ulang Eksistensi di Australia, Bertahan atau Keluar?

by  in Berita&Honda&International
Honda Tinjau Ulang Eksistensi di Australia, Bertahan atau Keluar?
0  komentar

AutonetMagz.com – Pasar otomotif di Australia nampaknya bukan hanya memakan korban dari merk lokal mereka yaitu Holden yang notabene masih bagian dari General Motor, namun juga pabrikan asal Jepang yaitu Honda. Beberapa waktu yang lalu, Honda sempat meninjau ulang keberadaan mereka di Australia. Kabarnya, profit yang minim menjadi alasan pabrikan berlogo H ini meninjau ulang keberadaan mereka di Negeri kangguru. Nah, sebuah dokumen rahasia pun bocor, dan memperlihatkan opsi masa depan Honda di Australia.

Mengutip informasi via CarAdvice, sumber menyebutkan bahwa diler Honda di Australia telah mendapatkan informasi dari pihak honda Australia bahwa akan ada 3 opsi mengenai eksistensi Honda di Australia. Opsi pertama, Honda akan sepenuhnya mengakhiri keberadaan mereka di negeri Kangguru, dan menutup 106 jaringan diler yang tersebar di seluruh Australia. Opsi kedua adalah mengurangi jumlah diler mereka, yang mana tentunya akan memakan ‘korban’ beberapa diler. Sedangkan opsi ketiga adalah menjual produk – produk Honda melalui sebuah distributor yang independen.

Nah, pihak Honda Australia sendiri dalam rilis resmi mereka menyebutkan, “Honda berkomitmen pada pasar Australia, dan ini merupakan bagian dari bisnis yang normal. Honda juga akan secara teratur menilai operasional dan kinerja mereka sendiri. Honda juga berkomitmen pada jaringan diler bahwa Honda akan terus memperbaharui rencaja jangka panjang pada kuartal pertama tahun 2020 ini, dan Honda juga berencana untuk mulai melakukannya akhir bulan ini”. Dari pernyataan resmi tersebut, tentunya bisa kita garis bawahi bahwa kata ‘komitmen’ menjadi sebuah kata yang penting. Secara kasar, seharusnya opsi pertama dari 3 opsi diatas tidak akan terjadi.

Sumber juga menyebutkan, bahwa jajaran diler Honda yang sudah berusia cukup lama menghendaki Honda untuk mempertimbangkan opsi kedua, yaitu pengurangan jumlah diler. Diler tersebut menyarankan sepertiga dari total diler Honda untuk direduksi. Pihak Honda sendiri kabarnya akan mengumumkan langkah resmi mereka di pasar Australia antara tanggal 23 hingga 26 Maret 2020 mendatang. Penjualan Honda Australia sendiri menurun sebesar 15% di tahun 2019 silam. Kondisi ini membuat posisi Honda berada dalam posisi terlemah dalam 3 tahun terakhir. Secara total, 43.800 unit mobil Honda terjual di tahun 2019.

Jadi, bagaimana tanggapan kalian, kawan? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: