Honda Civic Type R Black Edition, Edisi Pamungkas Jelang Ganti Model

Honda Civic Type R Black Edition, Edisi Pamungkas Jelang Ganti Model
0  komentar

AutonetMagz.com – Rupanya Honda Civic Type R Turbo FK2 sudah malang melintang cukup lama di dunia hot hatchback sejak ia diutus untuk menggantikan Civic Type R FN2. Untuk itu, hot hatch yang dibuat di Honda Swindon, Inggris ini sudah layak dan sepantasnya untuk dipensiunkan dan mendapat generasi baru. Akan tetapi, untuk penghabisan unit mobil, Honda UK punya ide untuk menghadirkan edisi khusus dari Civic Type R.

Namanya simpel saja, Honda Civic Type R Black Edition. Apa ini seperti Mercedes Benz SLS AMG Black Edition yang dapat update spesial di bagian mesin juga? Ah, tidak kok, mesinnya masih 2.000 cc 4 silinder VTEC turbo berkode K20C1 dengan tenaga 306 hp dan torsi 400 Nm. Jadi mobil ini tidak ekuivalen dengan Honda Civic Mugen RR atau Honda Civic Type R Mugen Euro, yang dapat ekstra tenaga dari mesin aslinya.

Terus, apanya yang spesial? Apanya yang “Black”? Jelas bodinya sih, soalnya warna bodinya hitam dengan aksen merah di beberapa bagian, macam lip spoiler depan dan spoiler belakangnya. Karena mengambil basis dari varian Civic Type R GT, makanya ia sudah full option dari standarnya. Tidak hanya bodinya yang hitam, interior Honda Civic Type R Black Edition ini juga dilabur warna hitam dengan aksen merah.

Lah, bukannya interior Honda Civic Type R standar juga sudah berwarna hitam-merah? Tidak beda-beda amat dong? Ya sih, tapi jika jok standar Type R dominan merah, sekarang jadi dominan hitam. Honda bilang, mereka hanya akan membuat Honda Civic Type R Black Edition sebanyak 100 unit saja dalam versi setir kanan dan khusus untuk pasar lokal Inggris saja. Berharap 1 unit nyasar ke sini? Berdoa saja, soalnya harga Civic Type R GT yang diimpor ke sini 1,5 M lebih, dan itu konyol.

Mengenai kasak-kusuk edisi penerus dari Honda Civic Type R FK2 ini, Honda sudah memperlihatkannya di Paris Motor Show kemarin. Masih menggendong mesin 2.000 cc VTEC turbo, namun dengan tenaga dan torsi yang dioptimalkan. Kemarin sempat beredar rumor kalau Honda Civic Type R 2018 bakal pakai CVT, namun rupanya itu adalah informasi yang keliru. Sudah dikonfirmasi bahwa Civic Type R hanya akan menawarkan transmisi manual 6 percepatan saja.

Read Prev:
Read Next: