Honda Patenkan Rancangan Motor Bermesin Fuel Cell, Baby Grom?

Honda Patenkan Rancangan Motor Bermesin Fuel Cell, Baby Grom?
0  komentar

AutonetMagz.com – Untuk membawa teknologi Fuel Cell Vehicle (FCV) ke kemasan yang lebih kecil, sebenarnya bukan perkara yang sepele beberapa tahun lalu. Untungnya, kemajuan teknologi mesin bisa memberi solusi jika kita ingin motor dengan tenaga fuel cell. Suzuki misalnya, mereka sudah merilis skuter Suzuki Burgman bermesin fuel cell yang tidak menenggak BBM, tapi BBH (Bahan Bakar Hidrogen) untuk motor listriknya.

Urusan skuter sudah dihandle Suzuki, sekarang giliran Honda mencoba teknologi fuel cell di model lain. Berikut adalah gambar paten sebuah sportsbike dari Honda yang tengah didaftarkan, dan kelihatannya motor ini tidak menampilkan sesuatu yang aneh-aneh. Frame sasisnya, suspensi teleskopiknya, shaft penggeraknya, semua benar normal seperti motor sport pada umumnya. Modelnya sendiri mirip Honda Grom atau konsep Neo Sports Cafe.

Perbedaan di sini ada pada teknologi mesinnya. Mesin sportsbike anyar Honda ini memakai teknologi hidrogen, alias fuel cell. Tangki fuel cell disimpan di bawah jok motor, lalu hidrogen akan dibakar dan menghasilkan listrik untuk motor penggeraknya. Seperti yang sudah sering disampaikan, hasil pembakaran hidrogen hanyalah uap air. Enaknya lagi, dibanding normal charging untuk mobil listrik yang bisa makan waktu 2 jam, mengisi tangki hidrogen hanya butuh sekitar 2 menit saja.

Benefit lain dari mesin hidrogen atau fuel cell adalah mesinnya minim suara, hanya ada suara motor listriknya yang berdesing kecil seperti “Ngiiinnnggg…”. Sayangnya, bahkan saat ini hidrogen pun masih kesulitan mendapat fasilitas pendukung yang cocok semisal SPBU hidrogen yang jumlahnya terbatas. Tidak hanya itu, proses elektrolisis untuk menciptakan hidrogen dari air pun makan energi dan biaya yang banyak.

Menyimpan dan mengantarkan hidrogen pun tidak bisa sembarangan, karena berkaitan dengan keselamatan di sekitarnya. Namun tenang saja, beberapa pihak sudah sadar kok. Toyota, Nissan dan Honda sendiri telah sepakat bergabung untuk memperluas jaringan SPBU hidrogen di Jepang dengan harapan 160 SPBU hidrogen siap beroperasi di Jepang pada tahun 2020. Apa opinimu mengenai motor fuel cell hidrogen? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: