Honda Jazz Diesel Akan Lakukan World Premiere di India

Honda Jazz Diesel Akan Lakukan World Premiere di India
0  komentar
honda-jazz-diesel-india

AutonetMagz.com – Di India,  Honda Jazz GK5 yang sekarang sudah sering berseliweran di jalanan Indonesia ternyata belum diluncurkan. Hatchback yang berbagi platform dengan Honda HR-V tersebut rencananya baru akan meluncur di India sekitar bulan Juni atau Juli tahun ini. Diprediksi, peluncuran Jazz versi India akan mendapat sorotan lebih dari banyak pihak, karena India akan jadi negara pertama yang memasarkan Jazz GK5 dengan opsi mesin diesel.

Iya, di negara manapun yang sudah mendapat Jazz GK5, belum ada Jazz bermesin diesel. Paling tidak mesin yang bisa kita temui di Honda Jazz adalah mesin bensin 1.500 cc hybrid, non-hybrid dan 1.300 cc. Mesin diesel Jazz diklaim akan sama persis dengan yang dipakai Brio Amaze, City dan Mobilio di India. Pilhan transmisinya ada manual dan CVT, sama seperti spek Indonesia.

Mesin Honda Mobilio Diesel 1.5 i-DTEC

Kami pernah mereview Honda Mobilio Diesel India bersama rekan kami dari Indianautosblog dalam bentuk tulisan (Baca juga : First Impression and Test Drive Review Honda Mobilio Diesel 1.5 i-DTEC M/T). Kekuatan mesin diesel berteknologi EarthDream ini bisa mencapai 100 PS dan 200 Nm. Di atas kertas, kedengarannya tenaganya cukup dan torsinya lebih dari cukup.

Bagi yang tidak suka mesin diesel, Honda menawarkan pilihan mesin bensin 1.200 cc yang sengaja disematkan Honda agar memenuhi persyaratan di India untuk bisa dikelompokkan sebagai mobil kecil, demi mendapatkan pajak yang murah dan bisa menekan harga jual. Ini ibarat mesin Brio atau Brio Satya dipasang di Jazz yang jelas lebih berat.

New Honda Jazz S Facelift 2013 Biru

Honda Jazz GE8 dulu tidak dikenal sebagai mobil yang terjangkau oleh masyarakat India karena sebagian besar komponennya masih impor. Maka dari itu, Honda Jazz baru akan diproduksi secara CKD di pabrik Tapukara yang bertempat di Rajasthan dengan target 90 persen komponen Jazz GK5 adalah buatan lokal agar harganya terjangkau. Wah, sedikit mirip dengan kebijakan LCGC di Indonesia ya?

Mengenai kemungkinan penyebaran Jazz diesel ke luar India, masih belum ada kabar mengenai hal tersebut. Bagaimana menurut anda, kira-kira pantas tidak kalau Honda Jazz di Indonesia pakai mesin diesel? Sampaikan opini anda di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: