All New Honda Jazz & Toyota Yaris Kompak Gunakan Mesin Turbo!

by  in Berita&Honda&International
All New Honda Jazz & Toyota Yaris Kompak Gunakan Mesin Turbo!
0  komentar

AutonetMagz.com – Rivalitas antara Honda Jazz dan Toyota Yaris menurut kami lebih menarik dibandingkan membahas rivalitas LMPV di tanah air. Walau di Indonesia penjualan kedua mobil ini bukan yang tertinggi secara jumlah, namun rivalitas keduanya selalu menghadirkan gimmick yang menghibur. Nah, kali ini, ada beberapa informasi menarik yang menunjukkan bahwa baik Honda Jazz maupun Toyota Yaris bakal ‘kompakan’ dalam hal spek dan trim di generasi terbarunya.

Mengutip informasi via BestCarWeb, baik All New Honda Jazz maupun All New Toyota Yaris bakal sama – sama menggunakan mesin turbo. Untuk All New Honda Jazz sendiri bakal memanfaatkan mesin P10A2 1.000cc 3 silinder VTEC Turbo. Mesin ini sendiri bukanlah mesin yang sepenuhnya baru, karena sebelumnya mesin bertenaga 130 PS dan bertorsi 200 Nm ini sudah digunakan oleh Honda Civic Turbo di pasar Eropa. Nah, nampaknya varian mesin ini bakal digunakan di trim RS yang selama ini menjadi top of the line dari Honda Jazz. Sedangkan Toyota Yaris bakal mengandalkan mesin yang mirip, namun dengan kubikasi yang lebih besar, yaitu 1.500cc 3 silinder Turbo.

Nah, mesin 1.5 Turbo milik Toyota Yaris ini sendiri bakal meledakkan tenaga maksimal di angka 150 PS, jelas lebih besar dari milik All New Honda Jazz. Nampaknya, pihak Toyota membidik segmen supermini dengan varian mesin ini. Mesin turbo milik All New Toyota Yaris sendiri kabarnya bakal ditawarkan untuk trim GR Sports yang menjadi opsi sporty dari Toyota Yaris di pasar Eropa. Selain kompak dalam hal penggunaan turbo, baik All New Honda Jazz maupun All New Toyota Yaris juga kompakan dalam hal opsi dengan styling ala crossover. Yap, kedua mobil ini nantinya bakal hadir dengan satu varian khusus bertemakan crossover.

Dan kompakan terakhir yang dilakukan oleh All New Honda Jazz serta All New Toyota Yaris adalah terkait jadwal peluncuran keduanya. Keduanya diperkenalkan di paruh kedua tahun 2019 ini, hanya saja kabarnya All New Toyota Yaris bakal diperkenalkan lebih awal 1 bulan dibandingkan sang rival. Jika sosok All New Honda Jazz diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019 pada penghujung bulan Oktober 2019, maka All New Toyota Yaris bakal diungkap ke publik pada bulan September mendatang. Oiya, FYI, sosok All New Toyota Yaris yang kami bahas pada artikel ini adalah versi Eropa dan Jepang ya.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan? Mari sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: