Setelah 10 Tahun, Penjualan Proton di Afrika Selatan Dihentikan

Setelah 10 Tahun, Penjualan Proton di Afrika Selatan Dihentikan
0  komentar
proton-satria-neo

AutonetMagz.com –Industri otomotif Malaysia, yaitu Proton dan Perodua sangat didukung penuh oleh pemerintahnya sendiri. Selain di Malaysia, mereka juga sudah perambah pasar global dan bisa ditemukan di negara-negara lain, Afrika Selatan misalnya. Tapi sepertinya Proton sedang mengalami masa sulit, sebab menurut laporan dari IOL, Proton kini sudah tidak menjual mobil lagi di Afrika Selatan.

Ini berarti, usia Proton di negara tersebut hanya sekitar 10-11 tahun saja di sana sejak pertama kali mendarat di tahun 2004. Waktu itu, Proton melakukan joint venture dengan Pearl Automotive Pty Ltd. dan memperkenalkan Gen 2 setahun kemudian, barulah kemudian model lain seperti Saga, Satria Neo, Savvy dan Persona ikut meramaikan.

Proton Suprima S Indonesia

Di sana, Proton dikenal sebagai mobil dengan harga yang kompetitif dibanding merek lain dan sampai saat ini sudah terjual sekitar 5.000 unit. Meski sudah tidak jualan lagi, Proton meyakinkan kalau urusan after sales service dan garansi mobil tetap mereka layani. Ada 6 multi-franchise dealer yang akan membantu Proton di Nelspruit, East London, Pinetown, Bloemfontein, Edenvale dan Menlyn.

“Sebenarnya brand Proton masih aktif, tapi jika menimbang nilai kurs, biaya produksi dan impor model-model baru sekarang bisa membuat harganya tidak kompetitif lagi. Urusan pelayanan after sales masih akan berjalan normal, tapi kami akan menjual mobil kembali nanti jika ada permintaan yang mencukupi saat kondisi stabil,” ujar Kyri Michael, General Manager dari Associated Motor Holdings.

PROTON IRIZ city car baru Proton pesaing Honda Brio dan Toyota Agya

Akan tetapi, meski stop jualan untuk beberapa waktu di Afrika Selatan, Proton akan mencoba peruntungan baru dengan merantau untuk berjualan di Bangladesh. Ya baiklah, semoga berhasil di tempat barunya. Oh ya, ngomong-ngomong Proton, jangan lupa kalau bulan ini city carProton Iriz diluncurkan di Indonesia lho, harganya pun diklaim lebih murah dari versi Malaysia. Bagaimana menurut anda? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • jengki

    Maaf jika kalian masih suka meremehkan NKRI, kami belum bisa menerima dgn produk kalian.

  • ANdri Ahmad

    mudah2an pabrikan malingsial secepatnya hengkang dari Indonesia

  • khayla almira

    Proton Iriz yang 1.6 baru oke, kali yang 1.3 ya sama aja bodong

  • rizki

    bukankah nanti akan ada mobil merk lokal rebadging dari merk ini? hehe

  • kabe kabe

    emoh !!

  • uda

    Padahal menurut saya mesin proton lebih bagus dr mesin eropa deh