Honda Jade, Mobil Keluarga Keren dengan 6 Tempat Duduk

Honda Jade, Mobil Keluarga Keren dengan 6 Tempat Duduk
0  komentar
Honda-Jade-2015

AutonetMagz.com – Honda Jade yang baru diluncurkan di Jepang ini mungkin agak unik. Biasanya MPV memiliki konfigurasi 5-seater (2+3) atau 7-seater (2+3+2) , namun Honda menawarkan Jade sebagai MPV 6-seater (2+2+2) di Jepang. Bayangkan jika ada keluarga yang mengisi Honda Jade terdiri dari seorang ayah, ibu, 2 anak serta kakek dan neneknya, maka seluruh kursi pada Honda Jade akan terisi semua.

Apa yang membuat Honda menjadikan Jade hanya bisa dimuati 6 orang? Mungkin Honda berusaha mengangkat kesan mewah pada Jade, mengingat bagi kebanyakan orang, model kursi individual atau dikenal sebagai captain seat terlihat lebih mewah daripada jok konvensional.

Kabin-Honda-Jade

Meski jok belakang tidak bertipe captain seat seperti baris kedua, mengisinya dengan 3 orang sepertinya akan jadi ide yang buruk, karena sejatinya memang didesain untuk 2 orang saja. Bila dipaksa untuk 3 orang, pasti akan berdesak-desakan. Di China, Jade juga muncul dalam versi 5-seater.

Honda Jade sendiri sebenarnya bukan mobil yang baru muncul tahun ini, sebab ia sudah lama wara-wiri meski tak masuk Indonesia. Jade terbaru mempunyai desain wajah seperti Honda Civic facelift dan bodi panjang serta rendah seperti sebuah estate.

Honda-Jade-Depan

Bagi kita di Indonesia, mungkin saat melihat Honda Jade generasi baru ini kita seperti melihat Honda Stream, sebab bentuknya sama-sama panjang dan beratap rendah.

Khusus untuk pasar Jepang, Jade akan dipasangi mesin hybrid yang sama dengan Jazz Hybrid dan HR-V Hybrid, yaitu mesin 1.500 cc 4 silinder yang dipasangkan dengan motor listrik bertenaga 29,5 PS dan torsi 160 Nm.

Interior-Honda-Jade

Lain Jepang, lain pula di China, dimana Jade punya mesin 1.800 cc yang sama dengan Civic. Untuk penerus dayanya, Jade versi Jepang memakai transmisi kopling ganda Honda Sport Hybrid i-DCD (intelligent Dual-Clutch Drive) dengan 7 percepatan.

Fitur keselamatan Jade pun sangat lengkap seperti Honda Legend. Program safety Honda Sensing terbaru sudah terintegrasi dengan sejumlah alat keamanan aktif, termasuk Collision Mitigation Braking, Road Departure Mitigation, Lane Keeping Assist serta Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow.

Honda-Jade-Belakang

Honda Jade sepertinya cukup bagus bila diluncurkan di Indonesia untuk menjadi MPV baru Honda, mengingat Honda Freed usianya sudah cukup lama dan tak kunjung diberikan penyegaran ataupun model baru. Bagaimana menurut anda? Silakan sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: