Honda Jade, Mobil Keluarga Keren dengan 6 Tempat Duduk

Honda Jade, Mobil Keluarga Keren dengan 6 Tempat Duduk
0  komentar
Honda-Jade-2015

AutonetMagz.com – Honda Jade yang baru diluncurkan di Jepang ini mungkin agak unik. Biasanya MPV memiliki konfigurasi 5-seater (2+3) atau 7-seater (2+3+2) , namun Honda menawarkan Jade sebagai MPV 6-seater (2+2+2) di Jepang. Bayangkan jika ada keluarga yang mengisi Honda Jade terdiri dari seorang ayah, ibu, 2 anak serta kakek dan neneknya, maka seluruh kursi pada Honda Jade akan terisi semua.

Apa yang membuat Honda menjadikan Jade hanya bisa dimuati 6 orang? Mungkin Honda berusaha mengangkat kesan mewah pada Jade, mengingat bagi kebanyakan orang, model kursi individual atau dikenal sebagai captain seat terlihat lebih mewah daripada jok konvensional.

Kabin-Honda-Jade

Meski jok belakang tidak bertipe captain seat seperti baris kedua, mengisinya dengan 3 orang sepertinya akan jadi ide yang buruk, karena sejatinya memang didesain untuk 2 orang saja. Bila dipaksa untuk 3 orang, pasti akan berdesak-desakan. Di China, Jade juga muncul dalam versi 5-seater.

Honda Jade sendiri sebenarnya bukan mobil yang baru muncul tahun ini, sebab ia sudah lama wara-wiri meski tak masuk Indonesia. Jade terbaru mempunyai desain wajah seperti Honda Civic facelift dan bodi panjang serta rendah seperti sebuah estate.

Honda-Jade-Depan

Bagi kita di Indonesia, mungkin saat melihat Honda Jade generasi baru ini kita seperti melihat Honda Stream, sebab bentuknya sama-sama panjang dan beratap rendah.

Khusus untuk pasar Jepang, Jade akan dipasangi mesin hybrid yang sama dengan Jazz Hybrid dan HR-V Hybrid, yaitu mesin 1.500 cc 4 silinder yang dipasangkan dengan motor listrik bertenaga 29,5 PS dan torsi 160 Nm.

Interior-Honda-Jade

Lain Jepang, lain pula di China, dimana Jade punya mesin 1.800 cc yang sama dengan Civic. Untuk penerus dayanya, Jade versi Jepang memakai transmisi kopling ganda Honda Sport Hybrid i-DCD (intelligent Dual-Clutch Drive) dengan 7 percepatan.

Fitur keselamatan Jade pun sangat lengkap seperti Honda Legend. Program safety Honda Sensing terbaru sudah terintegrasi dengan sejumlah alat keamanan aktif, termasuk Collision Mitigation Braking, Road Departure Mitigation, Lane Keeping Assist serta Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow.

Honda-Jade-Belakang

Honda Jade sepertinya cukup bagus bila diluncurkan di Indonesia untuk menjadi MPV baru Honda, mengingat Honda Freed usianya sudah cukup lama dan tak kunjung diberikan penyegaran ataupun model baru. Bagaimana menurut anda? Silakan sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • paijo

    kalo bisa dimasukkan ke Indonesia, bisa menyumbang lebih banyak angka penjualan mobil Honda di Indonesia…nice look

  • Rudy

    Untuk honda jade saya pernah lihat langsung di Jepang. Saya sangat tertarik kepada mobil ini. Mungkin jika ini menggantikan honda freed, akan menyamai penjualan mobilio

  • Andy

    Wah modelnya bagus. Coba kalo beneran masuk ke indo hahaha 🙂

  • Dannis

    Apa mungkin mobil kaya gini bakal masuk? Kayanya bakal jadi mahal harganya

  • PHEV

    Kalo sekilas mirip Odysey persi lawas cuman agak kecil, kalo masuk indo pas buat kelas medium MPV sekelas sama Kia Carens, Ya paling banyak downgrade

  • Maharani

    Keren binggo… Tinggal nunggu ini sama si Stepwagon… Palingan disunat fiturnya

  • Sochi

    Wah! akhirnya jazz dipanjangin juga.

    • Rafi M.P

      Salah, itu Civic dipanjangin keleus…. Freed baru Jazz dipanjangin

      • Sochi

        Coba liat kap mesin depan! itu Jazz 2014 banget. kaca sampingnya juga.

        • Satriadi SS

          Honda Jade itu basisnya Honda Stream. Kalo lebih tepatnya mungkin Honda Freed itu Honda Jazz diperbesar, kalo Honda Jazz diperpanjang itu Honda Fit Shuttle

          • rizki

            …dan Honda Stream itu basisnya Honda Civic…

    • Arman B.

      Menurut Saya fit shuttle adalah Jazz panjang gen 2. Mungkin ini versi panjang dari Jazz gen 3.

  • sopyan

    good car nice car and hope will come to indonesia 2 years later. Go go Honda Indonesia.

  • Yulianto

    Wah mantab bingit,…..smg Honda jg memasarkanya di Indonesia

  • adhie

    Still better than mobilio.. kalo diliat dari depan dan samping mirip city dan jazz, apakah ini lanjutan dari Fit shuttle??

  • Rawr

    ya pastinya better than mobilio karena levelnya gw rasa setara accord. kalo masuk Indo gw yakin gak mungkin menggantikan Freed karena pangsa pasarnya beda euy, karena gw yakin mobil ini main di range harga 500 – 600 jutaan. kalo pake hybrid? wassalam aja harganya :))

    • C 200

      Gaa sampe segitu kok bro, kan diartikel sebelumnya katanya harga kisaran
      300-350 jtaan

  • yuda46

    Buset mesinnya downgrade dari versi honda x dongfeng cina yang 1.8Lt, Efek regulasi di jepang kali ya..
    Kalo masuk indo harus pake yang 1.8 biar agak narik nih..
    Buat kolektor yang ngoleksi Stream series pasti ngiler nih..

    • Satriadi SS

      Ya memang di Jepang kapasitas mesinnya lebih kecil, tapi kan itu mesin Hybrid. Jadi nggak kalah juga dengan mesin 1.8L. Kalo masuk di Indonesia kemungkinan besar pakenya mesin yang 1.8L, karena kalo Hybrid harganya akan jadi mahal. Mengingat mobil2 Hybrid di Indonesia belum ada insentif dari pemerintah layaknya negara2 seperti di Eropa.

    • Rawr

      downgrade? justru versi Jepang itu upgrade karena Hybrid. mesin Hybrid Honda itu combine HP dari mesin bensin ditambah HP dari mesin listrik jadi outputnya bisa sama atau lebih tinggi dari mesin 1.8L plus karena itu hybrid konsumsi BBM bisa 1:25 loh.

  • Satriadi SS

    Lumayan nih, bisa dianggap sebagai pengganti Honda Stream. Mengingat Honda Stream belum ada pembaruan sejak 2006. Mungkin kalo dipasarkan di Indonesia bisa sekalian jadi pesaing Nissan Grand Livina dan Toyota Kijang Innova

    • Rawr

      Gak bisa di compare, Honda Jade itu bahkan kelasnya lebih tinggi dari level Serena / Nav1 / Delica.

  • Taoeviq

    honda stream tuh sebenarnya msh ada penerusnya (gen2) tp ga masuk lewat HPM, masuknya lewat IU
    klopun masuk indo pasti saingannya sama nav*, seren* karna range harga bakal diatas 300jt an (mesin 1.8 civic y)

  • Shin-Ra

    Perlu dimasukkan ke Indonesia dan ground clearance di tinggikan sedikit … terlalu pendek untuk jalanan indonesia

  • Shin-Ra

    Satu-satunya mobil yang gw paling tunggu-tunggu …. tentunya masuk ke Indonesia.

  • Muhammad Fadhil

    Waaahhhhh mobil ini bagus banget klo masuk ke indo soalnya bosen sama freed terlalu tinggi tapi semoga aja harganya gk parah parah amat harganya kaya freed aja gitu , sama diganti 7 seater aja 2-3-2. Asalkan harganya kaya freed aja ya soalnya klo honda kasih harga wassalam ditunggu yup masuk indo!!!

  • Tom

    Wajib masuk indonesia,ane tungguin…..