Honda Civic Type R Rebut Kembali Tahtanya di Nurburgring

by  in Honda&International
Honda Civic Type R Rebut Kembali Tahtanya di Nurburgring
0  komentar

AutonetMagz.com – Saat merilis Honda Civic Type R FK2 yang berani menyikat Nurburgring, Honda punya ambisi buat jadi mobil FWD tercepat di sirkuit legendaris Jerman itu. Hasilnya tidak tanggung-tanggung, Civic Type R bisa mencatat waktu 7 menit 50 detikan, lebih kencang daripada BMW M5 dan Mercedes-Benz SL65 AMG Black Series. Praktis, ia langsung dinobatkan sebagai mobil FWD tercepat di Nurburgring.

Pepatah klasik mengatakan : Rekor dibuat untuk dipecahkan. Nah, Volkswagen adalah pihak yang langsung gerah dengan prestasi Honda, jadi VW ingin memecahkan rekor itu dengan VW Golf GTI Clubsport. Hasilnya mantap, VW langsung menendang Honda dari tahtanya dan menjadi mobil FWD tercepat di Nurburging dengan waktu 7 menit 45 detikan. Dendam kesumat terhadap VW langsung mengalir dalam darah setiap engineer Honda dalam membuat Civic Type R baru.

Dengan diluncurkannya Honda Civic Type R FK8, Honda menyatakan “perang” lagi di Nurburging untuk merebut kembali singgasananya dari VW. Model yang dipakai Honda adalah model pra-produksi, tapi Honda bilang speknya bisa mewakili model yang benar-benar dijual ke umum. Artinya, mesinnya masih 2.000 cc 4 silinder VTEC Turbo berkode K20C1, tenaganya 320 PS dan torsinya 400 Nm, pakai penggerak roda depan dan transmisi 6 percepatan manual.

Pada kasus ini, Honda membuang jok belakang dan sistem audionya, serta menambahkan roll cage tambahan untuk alasan keselamatan. Adanya roll cage harusnya membuat mobil menjadi lebih rigid, sayang Honda tidak bilang berapa persen lebih rigid. Ban yang dipakai Honda Civic Type R FK8 ini juga ban street-legal yang sudah spek balap. Secara garis besar, bisalah dibilang mewakili versi jualan dari Civic Type R.

Awalnya sih pesimis, karena VW Golf GTI Clubsport engineering-nya lebih pol, lain dengan Honda yang level engineering-nya mungkin belum selevel VW meski sama-sama pakai girboks manual. Namun di luar dugaan, Honda Civic Type R FK8 bisa menuntaskan Nurburgring dalam waktu 7 menit 43,8 detik. Lebih kencang 5,5 detik dari Golf GTI Clubsport dan 7 detik dari Civic Type R FK2. Keren! Kok bisa segitu kencang?

Pimpinan engineer sasis Honda Civic Type R FK8, Ryuichi Kijima membeberkan beberapa hal.”Kecepatan cornering Civic Type R bisa lebih tinggi berkat ban yang ukuran tapak dan wheel track-nya lebih lebar, sumbu rodanya lebih panjang dan utamanya, suspensi independen multi-link di belakang selain aerodinamika baru yang meningkatkan stabilitas.” Bagus, soalnya Civic Type R FK2 pakai suspensi torsion bar yang… buat ukuran hot hatchback, itu nista.

Ada pernyataan resmi dari Honda yang menunjukkan seberapa jauh level engineering mereka untuk membabat sirkuit.”Pembalap biasanya memasuki tikungan setelah Metzgesfeld pada kecepatan 150 km/jam. Bahkan di tikungan berkecepatan menengah ini, Civic Type R bisa masuk dengan kecepatan 10 km/jam lebih tinggi dari yang lain, berkat kestabilan yang mumpuni. Jadi dengan kemampuan cornering yang baik, kami bisa meningkatkan kecepatan di sirkuit dan mencatat hasil putaran yang memuaskan.”

Well, kerja bagus di sini, Honda. Namun jika ingat petuah James May yang bilang,”Kalau ada mobil yang bagus di Nurburgring, pasti kasar di kondisi real.” Belum lagi kemungkinan bahwa harga Honda Civic Type R akan keterlaluan mahalnya di sini, mengingat Civic Type R FK2 saja harganya sudah 1,5 M-an, dan Honda Indonesia tidak akan menjualnya secara resmi. Jadi, apa opinimu mengenai catatan waktu Civic Type R FK8? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: