Honda City Hatchback Hybrid Thailand : Tambah Fitur, Hampir 400 Jutaan!

by  in Berita&Honda&International
Honda City Hatchback Hybrid Thailand : Tambah Fitur, Hampir 400 Jutaan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kehadiran generasi terbaru dari Honda City beberapa tahun lalu menjadi sebuah pintu baru bagi Honda di kawasan Asia Tenggara. Bagaimana tidak, Honda mampu menyulap Honda City yang dahulu lebih dikenal sebagai sebuah sedan menjadi sebuah hatchback, yang bahkan menggeser posisi Honda Jazz yang secara historis sudah kuat. Selain itu, Honda juga menghadirkan versi Hybrid dengan nama e:HEV pada versi sedannya yang dipasarkan di Malaysia. Dan kini, Honda kembali berinovasi dengan menanamkan teknologi i-MMD di Honda City versi Hatchback. Inilah sosok Honda City Hatchback e:HEV yang baru saja diperkenalkan di Negeri Gajah Putih, Thailand. Mari kita bahas.

Jadi, Honda Thailand meluncurkan Honda City Hatchback e:HEV untuk pasar Thailand, dan hanya dipasarkan dalam 1 trim saja yaitu RS CVT. Secara desain, sebenarnya hampir tak ada perbedaan antara Honda City Hatchback e:HEV RS CVT dengan varian RS CVT biasa. Detail perbedaanya yang kasat mata adalah logo Honda di depan dan belakang yang ada iluminasi warna kebiruan. Selain itu, varian hybrid ini juga ditawarkan dengan opsi warna biru baru yang menjadi hero color-nya, yaitu Brilliant sporty metallic. Selain itu, velg di Honda City Hatchback e:HEV dilabur warna hyper chrome yang terlihat lebih gelap. Walaupun ‘kulitnya’ tidak banyak berbeda, namun ternyata ada banyak ubahan yang tak kasat mata dari luar. Kita akan bedah mulai dari mesin hybrid-nya.

Teknologi e:HEV Honda : Punya 3 Mode

Menyandang nama e:HEV, Honda City Hatchback e:HEV ini kini menggunakan mesin hybrid berteknologi i-MMD yang berkode LED-MMD. Konfigurasinya 4 silinder dengan tipe Atkinson Cycle berkubikasi 1.498cc. Tenaga maksimalnya tentu kecil, hanya 98 hp pada rentang 5.600 hingga 6.400 rpm, dengan torsi maksimal 127 Nm pada 4.500 hingga 5.000 rpm, khas mesin Atkinson. Mesin mungil ini bisa digunakan sebagai generator, ataupun sumber gerak mobil, tergantung pada mode berkendara yang digunakan. Nah, menemani mesin tersebut, Honda memasangkan 2 motor elektrik di posisi depan dengan tenaga maksimal 109 hp pada rentang 3.500 hingga 8.000 rpm. Sedangkan torsi maksimalnya 253 Nm dari kondisi diam hingga 3.000 rpm. Transmisi yang digunakan adalah electronic CVT alias e-CVT.

Figur akselerasi dari Honda City Hatchback e:HEV adalah 9,4 detik, dari keadaan diam hingga 100 km/jam. Sesuai namanya, yaitu Multi Mode Drive (MMD), sistem hybrid di Honda City Hatchback e:HEV punya beberapa mode. Mode pertama adalah EV Drive yang hanya mengandalkan motor listrik untuk menggerakkan roda, dan supply tenaga dari baterai. Mesin? Diam saja, dan tidak terhubung ke roda. Opsi kedua adalah Hybrid Drive, dimana penggerak roda tetaplah motor listrik, namun mesin akan bekerja sebagai genset untuk menyuplai daya pada baterai. Mirip apa? Yap, mirip merk sebelah. Konsepnya sekilas seperti range extender di mode ini. Dan mode ketiga adalah Engine Drive, dimana mesin akan terhubung ke roda dan bertugas menggerakkan mobil tanpa bantuan motor listrik sama sekali.

Garansi Sistem Hybrid & Baterai Panjang

Honda memberikan garansi selama 3 tahun atau 100 ribu kilometer sebagai standar untuk Honda City Hatchback e:HEV. Layanan tersebut bisa diperpanjang selaam 2 tahun atau 40 ribu kilometer dengan paket Ultimate Care. Sedangkan biaya jasa servis akan digratiskan hingga 5 tahun atau 100 ribu kilometer. Dan sistem hybrid di Honda City Hatchback e:HEV mendapatkan garansi selama 5 tahun, tanpa batasan kilometer. Bagaimana dengan baterainya? Honda menggaransi baterai mobil ini selama 10 tahun, dan juga tanpa batasan jumlah kilometer. Menarik? Yap, bagian inilah yang nampaknya menjadi salah satu poin penting untuk mereka yang ragu membeli mobil hybrid karena resiko degradasi baterai ataupun kerusakan sistem hybrid yang bisa menguras isi rekening. Lalu berapa harga Honda City Hatchback e:HEV di Thailand? 849 ribu Baht atau setara 386 jutaan Rupiah.

Lebih Lengkap, Ada Honda Sensing

Selain mesin hybrid yang menjadi core di mobil ini, Honda juga memberikan tambahan fitur yang menarik di Honda City Hatchback e:HEV. Pertama, dalam hal pengereman, Honda City Hatchback e:HEV kini dibekali dengan rem belakang cakram, electronic parking brake dengan fitur auto hold. Honda City Hatchback e:HEV juga dibekali beberapa tambahan fitur untuk kenyamanan seperti remote engine start, kisi AC penumpang belakang, automatic car lock, automatic headlamp, dan Honda LaneWatch. Honda City Hatchback e:HEV juga dibekali sebuah sistem deselerasi di setir, menggantikan paddle shift di versi non hybrid. Honda City Hatchback e:HEV juga dibekali sepaket Honda Sensing yang berisikan auto high beam, Road Departure Mitigation System dengan Lane Departure Monitoring System, Lane keeping Assist System, Collision Mitigation Braking System, dan adaptive Cruise Control.

Menarik? Tentunya, namun apakah harga tersebut terasa cocok untuk Honda City Hatchback e:HEV? Biarkan Isi rekening kalian yang menentukan. Positioning harga Honda City Hatchback e:HEV sendiri masih sedikit di bawah dengan Nissan Kicks e-Power dan Toyota Corolla Cross Hybrid. Bagaimana pendapat kalian?

Read Prev:
Read Next: