Baru Ambil Mazda RX-8? Suku Cadang Mesinnya Masih Aman Lho!

Baru Ambil Mazda RX-8? Suku Cadang Mesinnya Masih Aman Lho!
0  komentar

AutonetMagz.com – Terdapat beberapa merek mobil di dunia yang ikut membuat mesin rotary, namun hanya Mazda yang berhasil duduk di puncak inovasi mesin unik ini. Aplikasi pertama kali di Mazda Cosmo 110S, meraih kejayaan gemilang di Mazda 787B dan terus berkembang di model Mazda RX, khususnya Mazda RX-7 dan Mazda RX-8. Prajurit terakhir bermesin rotary dari Mazda adalah Mazda RX-8 Spirit R yang dijual sebagai edisi terbatas.

Mazda RX-8 berhenti diproduksi pada tahun 2012 silam, alias 9 tahun yang lalu. Saat ini, banyak Mazda RX-8 bekas bertebaran di pasar mobil seken. Harga Mazda RX-8 bekas relatif murah, sekitar 200 juta hingga 300 jutaan, bahkan ada yang harganya tidak sampai 195 juta Rupiah. Tentu saja namanya mobil bekas pasti ada saja PR-nya, baik yang mudah maupun yang susah. Nah, bagaimana dengan mesinnya? Mazda kan sekarang sudah tidak punya model bermesin rotary.

Mesin Rotary Masih Dibuat

Mazda RX-8 memang perlu perhatian khusus di mesinnya, karena tidak semua orang paham mesin rotary. Ada beberapa kasus mobil tua yang bahkan suku cadang mesinnya sudah tak dibuat lagi, tapi Mazda beda. Sebuah topik di Classic Mazda menuturkan bahwa Mazda masih membuat suku cadang mesin rotary untuk Mazda RX-8 yang berkode 13B.”Banyak orang tidak tahu, tapi faktanya, Mazda masih terus membuat mesin rotary,” kata Tetsuya Sato, salah satu karyawan di markas Mazda.

Menurut pernyataan yang diketik dalam bahasa Jepang, Tetsuya Sato meneruskan bahwa,”Suku cadang itu akan dibuat untuk mobil sejenis RX-8, bahkan model setelahnya. Kami terus memproduksi suku cadang untuk perbaikan dan perawatan mesin 13B termasuk blok mesinnya menggunakan bahan baku baru.” Singkat kata, masih ada suku cadang mesin rotary Mazda RX-8 yang statusnya baru, asli buatan Mazda Jepang dan siap pakai.

Dedikasi Penggemar Mazda

Pemilik Mazda RX-8 nampaknya bisa menarik nafas lega kalau tahu suku cadang mesinnya masih aman. Terima kasih kepada tim yang beranggotakan 10 orang di pabrik kecil yang masih membuat suku cadang mesin rotary sejak tahun 1973 sampai sekarang. Suku cadang yang dibuat termasuk rotor housing, eccentric shaft dan side housing. Setiap bulannya, mereka bisa membuat 200 hingga 400 buah suku cadang mesin rotary untuk dikirim ke seluruh dunia.

Mungkin ada yang teringat kala Mazda memamerkan mobil konsep Mazda RX-Vision. Saat itu, ada sedikit harapan bahwa mesin rotary belum mati dan akan lahir kembali. Sayangnya, Mazda RX-Vision yang cantik itu belum bisa hadir ke realita. Setidaknya, mesin rotary masih hadir sebagai genset di mobil listrik Mazda MX-30 Range Extender, plus masih ada nafas baru untuk pemilik Mazda RX-8 di seluruh dunia karena suku cadang mesinnya aman. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: