Honda Jade RS Disegarkan, Estate Turbo Pakai DCT!

Honda Jade RS Disegarkan, Estate Turbo Pakai DCT!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau bukan gara-gara Mazda 6 Estate, kami mungkin sudah pupus harapan untuk kembali ingat soal wagon atau estate Jepang. Selain Mazda, merek Jepang lain sebenarnya punya wagon, contohnya ada Toyota Corolla Fielder, Subaru Levorg dan Honda Jade. Untuk yang terakhir, Honda Jade baru saja diperbarui di Jepang dengan seabrek ubahan yang menarik, khususnya di balik kulitnya.

Sebenarnya kalau bicara mesin, sama sekali tak ada beda antara Honda Jade RS facelift dengan yang lama. Unit 1.500 cc 4 silinder VTEC Turbo masih berdiam diri di sana sambil bersiaga dengan tenaga 148 hp dan torsi 203 Nm. Bedanya, kalau Jade RS lama pakai CVT, Honda sudah mengganti girboks CVT-nya dengan girboks kopling ganda baru. Nah, ini baru jos! Dari kedengarannya saja, mungkin rasanya akan beda antara Jadr RS CVT dengan Jade RS DCT.

Urusan penampilan, Honda Jade RS didandani dengan resep yang digodok supaya mengikuti bahasa penampilan Honda baru. Lampu depan LED-nya sudah lumayan mencirikan kesan Honda, mirip dengan kepunyaan Civic dan HR-V facelift. Warna “Premium Crystal Orange” yang ada di foto ini eksklusif untuk Jade RS saja, dan ya, warna atapnya hitam, bukan panoramic roof. Mirip kebijakan di Honda Mobilio RS dan Honda Jazz RS versi sini ya?

Karena Honda tidak ambil pusing dengan jumlah penumpang, Honda Jade RS berubah jadi mobil dengan 5 seater. Jade RS yang dulu ada versi 6 seater, tapi sepertinya bakal tidak nyaman duduk di baris ketiga, jadi baris ketiganya dibuang. Aksen carbon fiber di kabinnya bagus dan instrumen digitalnya keren, tapi desain dashboard-nya sendiri memang sudah menua. Dashboard dan setirnya mirip dengan milik Civic FB yang sudah stop produksi lho.

Honda sendiri bilang kalau Honda Jade RS disegarkan supaya terlihat dan terasa lebih sporty. Ubahan eksterior minimalis, hanya lampu kabut sipit baru, lampu depan LED baru, pelek baru dan girboks DCT tadi. Perubahan yang paling besar tentu DCT-nya, dan ini bakal jadi mainan baru pecinta estate sporty saat mulai dijual Mei nanti di Jepang. Andai Jade RS bisa dijual di Indonesia ya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: