GIICOMVEC 2020 : Komitmen Scania Wujudkan Transportasi Berkelanjutan di Indonesia

by  in Berita&GIICOMVEC&Merek Truck
GIICOMVEC 2020 : Komitmen Scania Wujudkan Transportasi Berkelanjutan di Indonesia
0  komentar

AutonetMagz.com – Mungkin beberapa diantara kalian ada yang berpikir bahwa gelaran pameran otomotif seperti GIICOMVEC 2020 hanya menjadi ajang ‘pamer’ produk baru ataupun berjualan. Ada benarnya memang, tapi tidak sepenuhnya. GIICOMVEC 2020 juga menjadi wadah bagi pabrikan untuk menyampaikan visi dan program terbaru mereka, seperti yang disampaikan oleh United Tractors Indonesia bersama dengan Scania. Dalam GIICOMVEC 2020 ini, mereka menyampaikan visi mengenai pengembangan sistem transportasi berkelanjutan di Indonesia.

United Tractors Indonesia dan Scania menyadari penuh bahwa saat ini ada perubahan iklim yang nyata sebagai salah satu dampak dari efek rumah kaca yang diakibatkan gas CO2 dari pembakaran kendaraan bermotor. Namun, di satu sisi, adanya pertumbuhan penduduk di perkotaan membutuhkan transportasi sebagai salah satu kebutuhan harian. Kondisi ini membuat Scania menelurkan 3 prinsip utama yaitu Energy Efficiency, Alternative Fuels & Electrification, dan Smart Transport. United Tractors sebagai APM Scania di Indonesia pun berkomitmen untuk mewujudkan sistem transportasi berkelanjutan tersebut di Indonesia.

Mengusung slogan ‘Moving People, Changing Minds’, Scania memperkenalkan bus bertipe K250IB-4×2 di gelaran GIICOMVEC 2020 ini. Bus ini menggunakan sistem pengereman yang mengandalkan ABS dan EBD, dan mesin yang memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Bahkan, mesin milik bus baru dari Scania ini juga sudah bisa menggunakan biosolar B30, malahan diklaim pula bisa menggunakan hingga B100 alias 100% dari bahan Minyak Kelapa Sawit. Scania juga memaparkan mengenai dukungan mereka pada sumber tenaga lain, seperti gas, Bioetanol, Biosolar, hydrotreated vegetable oil (HVO), dan juga tenaga listrik.

FYI, di tahun 2017 silam Scania juga sudah memulai trial bus listrik, dimana kota Ostersund di Swedia menjadi lokasi pengujian. Hingga saat ini, pengujian juga terus berlangsung untuk memastikan peforma baterai dari bus Scania bisa bekerja optimal di kondisi panas maupun dingin. Pihak Scania juga mendukung program Pemerintah Indonesia dalam implementasi bus listrik melalui Scani Electric Bus yang dirasa pas untuk kota Jakarta. Oiya, selain bus baru, Scania juga memamerkan beberapa produk lain seperti Bus Scania K410IB-6×2 (Bus AKAP), lalu New Truck Generation Scania R560-A6x4, dan UD Trucks Quester GWE28064T.

Jadi, apa tanggapan kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: