Genesis GV60, Salam Satu Platform Hyundai E-GMP

by  in Genesis&Mobil Listrik
Genesis GV60, Salam Satu Platform Hyundai E-GMP
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah menyatakan bahwa mereka ingin langsung menyelam dalam segmen electric vehicle tanpa melewati dunia hybrid terlebih dulu, kini Genesis terlihat makin serius mengeksekusi rencananya. Diketahui sebelumnya bahwa Genesis telah melakukan elektrifikasi pada executive sedan-nya yaitu G80, dan kini terlihat bahwa mereka mulai memanfaatkan platform EV global dari sang induk perusahaan, Hyundai. Hal tersebut terkonfirmasi setelah pada Rabu (18/08) lalu, Genesis resmi meluncurkan crossover listrik pertamanya yaitu Genesis GV60.

Luxury Crossover Persembahan Genesis

Diketahui bahwa Genesis GV60 ini dibangun di atas Electric Global Modular Platform (E-GMP) Hyundai, yang artinya mobil ini memiliki basis yang sama dengan Ioniq 5 dan Kia EV6. Tentunya jika melihat dari segi bahasa desain, ketiga EV tersebut memiliki dunianya masing-masing. Ioniq 5 mewakili desain futuristik, Kia EV6 mengeluarkan sisi sporti dari sebuah EV, sementara Genesis GV60 muncul dengan bentuk yang elegan. Walaupun memang Genesis GV60 masih seperti crossover yang ‘di-elektrifikasi’ dan tidak memancarkan nuansa high class, namun coba lihat ke bagian dalamnya.

Di sinilah jati diri Genesis mulai terlihat dengan memancarkan aura luxury. Hadirnya shift knobCrystal Sphere” serta tombol infotainment silver yang berharmoni dengan holstery berwarna biru, menghadirkan sensasi elegan layaknya G80 dan GV80. Lalu untuk pertama kalinya, Genesis menggunakan kamera yang dipasang di luar untuk memproyeksikan gambar di atas dua layar di dasar pilar-A mengantikan fungsi spion. Fitur tersebut bahkan tidak diterapkan dalam dua saudaranya! Inilah mengapa Genesis GV60 berada di kelas yang berbeda.

Miliki Range Hingga 450+ KM

Melihat dari Ioniq 5 dan Kia EV6, selain E-GMP kemungkinan besar Genesis GV60 juga akan memiliki battery package yang sama dengan keduanya. Bisa saja Genesis menyediakan battery package dalam rentang kapasitas 58 – 77,4 kWh, atau bisa saja hanya kapasitas 77,4 kWh mengingat kelasnya. Soal range, baterai tersebut mampu mencapai 483 km dalam skala Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLTP) dengan indikasi output yang sama seperti EV6 GT yaitu 577 hp.

“GV60, Genesis pertama pada platform listrik khusus, akan memberikan pengalaman yang sama sekali baru sebagai kendaraan listrik mewah berdasarkan identitas merek kami yang unik dan juga akan mendapat manfaat dari penawaran unik kami yang berfokus pada pelanggan di mana layanan jadi hal yang utama dibanding penjualan,” ungkap Dominique Boesch, Managing Director Genesis Motor Europe. Oh iya soal dimensinya, apakah mobil ini seperti Ioniq 5 yang terlihat kecil di foto namun setelah bersampingan denga manusia baru terlihat ‘bongsor?’

Sayangnya perihal spesifikasi, harga, dan segala hal detailnya, Genesis masih enggan membeberkan. Mereka berjanji akan memberitahukan beberapa hal tersebut secepatnya dalam beberapa bulan ke depan. Jadi, bagaimana menurutmu soal crossover listrik perdana dari Genesis ini? Apakah cocok berada dalam segmen luxury electric crossover? Berikan komentar terbaikmu pada kolom di bawah.

Read Prev:
Read Next: