KIA Carens 2022 Unjuk Gigi, Punten Xpander Cross

by  in Berita&International&Kia
KIA Carens 2022 Unjuk Gigi, Punten Xpander Cross
0  komentar

AutonetMagz.com – Mitsubishi Xpander – khususnya Xpander Cross – adalah produk yang konon bisa menyatukan kegagahan SUV dengan praktisnya sebuah MPV, setidaknya begitu menurut Mitsubishi. Resep ini ternyata lumayan ampuh buat membantu penjualan, sehingga Low SUV lain pun ikut meningkatkan levelnya. Suzuki XL7 misalnya, saudara Suzuki Ertiga ini dibuat lebih matang dengan penampilan yang dibedakan demi membuat kesan kalau ia bukan sekedar Ertiga jangkung.

Nah, sekarang merek Korea juga punya resep serupa berkat kehadiran KIA Carens generasi terbaru. Hah? Carens bukannya kastanya beda dengan Xpander dan kawan-kawan? Rupanya KIA ingin mengubah posisi KIA Carens untuk jadi KIA yang cocok untuk keluarga, muat banyak dan tampilan gagah ala SUV dengan harga yang pantas. Ya, KIA Carens kini berevolusi jadi kombinasi antara Low MPV dengan Low SUV, tapi KIA sendiri lebih suka kalau Carens disebut sebagai Recreational Vehicle (RV).

KIA Carens Pakai Sunroof dan Interior Mewah

Pertama-tama kita mulai dulu dari dalamnya, karena bagian dalam KIA Carens 2022 ini sangat mewah untuk ukuran sebuah MPV keluarga. Aksen jahitan di setir mungkin biasa, tapi emblem “CARENS” di bagian bawah setir adalah hal baru untuk kelas ini. Tidak hanya itu, mobil ini bahkan sudah pakai lampu interior alias ambient light dengan 64 warna pilihan plus fitur wireless charging untuk HP kita. Sudah sepantaran lho dengan Toyota Veloz baru yang juga punya kedua fitur ini, bahkan lebih baik.

Meskipun tidak punya rem parkir elektrik, tapi itu tidak masalah berkat hadirnya jok dengan pendingin, terlihat dari tombol di dekat persnelingnya. Panel AC sudah digital, namun beberapa kendali suhu pakai panel sentuh yang bakal susah dimainkan saat berkendara karena harus dilihat, tidak bisa hanya diraba saja. Untuk KIA Carens varian tertinggi, sistem infotainment standarnya pakai layar 10,25 inci yang sudah bisa pakai Apple CarPlay dan Android Auto, lengkap dengan sistem audio 8 speaker dari BOSE.

Selain interior full hitam, ada juga interior kombinasi hitam-beige dengan panel piano black di bagian atas dengan motif hiasan di bagian pintu dan penumpang depan. Spidometer KIA Carens sudah digital, tapi desainnya lebih mirip KIA Sonet. KIA Carens akan tersedia dengan pilihan 7 seater normal atau 6 seater dengan captain seat di baris kedua. Mobil ini juga sudah siap dengan AC double blower, sunroof dan pelipatan jok baris kedua dengan switch elektrik.

Desain Ala SUV, KIA Carens Punya Varian Turbo Diesel

KIA Carens 2022 ini punya tampilan yang berbanding terbalik dengan Carens terdahulu. Kini, KIA Carens hadir dengan kesan gagah berkat gaya ala SUV yang punya roof rail di atap, cladding plastik hitam di spakbor dan bagian bawah mobil. Lampu depan model bertingkat seperti mobil baru lain, namun LED DRL-nya berbentuk huruf “Y” dan lampu depan juga sudah full LED. Pada bagian belakang, ada aksen LED lightbar, tapi bagian tengahnya mungkin hanya dummy.

Urusan dimensi, KIA Carens ini tidak memaksakan diri untuk memiliki panjang di bawah 4 meter supaya dapat keringanan. KIA Carens baru punya panjang 4.540 mm, lebar, 1.800 mm, tinggi 1.700 mm dan wheelbase 2.780 mm. Angka wheelbase ini cukup panjang, jadi mungkin kabinnya akan terasa lega dan nyaman. KIA Carens punya ground clearance 195 mm, cukup baik meski belum sejangkung Honda BR-V atau Mitsubishi Xpander Cross yang sudah di kisaran 220 mm.

KIA Carens punya 3 pilihan mesin, terdiri dari 2 bensin dan 1 diesel. Mesin bensinnya ada yang 1.500 cc non turbo dengan 115 hp dan 144 Nm atau 1.400 cc turbo dengan 140 hp dan 242 Nm. Kalau yang diesel, ia pakai mesin 1.500 cc turbo diesel dengan 115 hp dan 250 Nm. Memakai penggerak roda depan, KIA Carens pakai transmisi manual 6 percepatan untuk yang bensin dan diesel, sementara varian otomatisnya pakai torque converter (turbo diesel) dan kopling ganda alias DCT (bensin turbo).

Untuk fitur keselamatan, KIA Carens sudah memakai perlengkapan keselamatan standar yang cukup baik. Belum ada adaptive cruise control, tapi ia sudah menyiapkan 6 airbags, ABS, EBD, stability control, hill start assist, pemantau tekanan ban, rem cakram di semua roda dan sensor parkir. Varian lebih tinggi mungkin punya fitur keselamatan yang lebih baik. Bagaimana menurutmu, apakah KIA Carens ini cocok untuk pasar Indonesia? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: