Selain Hyundai, KIA Juga Berminat Kembangkan LMPV

by  in Berita&International&Kia
Selain Hyundai, KIA Juga Berminat Kembangkan LMPV
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam beberapa bulan terakhir pasca pihak Hyundai mengumumkan kepastian terkait investasi mereka di Indonesia, beredar juga rumor mengenai model yang akan diproduksi lokal di Indonesia. Salah satu yang paling hot adalah sebuah Low MPV. Wajar saja, karena di Indonesia LMPV menjadi barang ‘panas’ yang digemari oleh mayoritas konsumen roda empat di Indonesia. Nah, sister brand dari Hyundai, yaitu KIA ternyata juga memiliki rencana yang hampir sama, hanya saja beda lokasi eksekusi.

Mengutip informasi via IndianAutosBlog, pihak KIA di India dikabarkan tertarik untuk memproduksi sebuah MPV kompak. Nah, MPV kompak yang dimaksud bukanlah sekompak Renault Triber, namun seukuran dengan LMPV di Indonesia. Kabarnya mobil ini akan memiliki panjang di angka 4,5 meter, artinya mobil ini tidak lebih panjang dari Medium MPV seperti Toyota Innova, namun sedikit lebih bongsor dari beberapa LMPV yang ada di tanah air seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Suzuki Ertiga, namun 11 – 12 dengan panjang dari Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero. MPV dari KIA ini sendiri akan diproduksi lokal di India.

Nah, MPV milik KIA sendiri sejatinya adalah rencana jangka panjang KIA di India, dimana rencana ini dimulai dengan perkenalan KIA Seltos tahun lalu yang disusul KIA Sonet di tahun ini. Untuk MPV KIA sendiri dijadwalkan hadir di tahun 2021, alias tahun depan. Platform yang akan digunakan oleh MPV ini adalah platform milik KIA Seltos, yang mana diklaim oleh pihak KIA pada 2018 memiliki kemampuan untuk dikembangkan menjadi platform untuk mobil 7 penumpang. Sumber menyebutkan bahwa MPV baru dari KIA ini kabarnya akan menjadi andalan KIA untuk meraup konsumen lebih banyak di India.

Mobil ini sendiri bukanlah MPV pertama dari KIA di India, termasuk di Indonesia. Kita sudah mengenal sosok KIA Grand Sedona yang memiliki tampang cakep dan body bongsor. Sedangkan di masa lalu, KIA juga sempat menjual KIA Carens yang memiliki tampang rupawan walaupun secara eksistensi tergolong singkat di Indonesia. Bukannya tidak mungkin jika nantinya pihak KIA Indonesia yang kini di-handle oleh Indomobil akan membawa masuk mobil ini ke Indonesia. Apalagi, saudara senegara mereka juga menjual produk di segmen yang sama di Tanah Air. Jadi, kita tunggu saja.

Bagaimana menurut kalian, kawan? Apa harapan kalian pada mobil ini?

Read Prev:
Read Next: