Generasi Nissan GT-R R36 Segera Hadir

Generasi Nissan GT-R R36 Segera Hadir
0  komentar

Autonetmagz.com – Nissan GT-R dengan kode bodi R35 saat ini sudah dijual sejak Desember 2007, itu berarti sudah 14 tahun sejak debut pertamanya secara worldwide. Sejauh ini, Nissan GT-R sudah beberapa kali mendapatkan facelift dan improvement untuk membuatnya tetap fresh dan up to date walaupun tidak untuk waktu yang lama. Meskipun Nissan GT-R masih merupakan mobil sport yang mumpuni, tidak dapat disangkal bahwa model ini sudah semakin menua sekarang dan perlu digantikan dengan generasi baru. Hal ini yang pastinya sudah ditunggu-tunggu oleh petrol headhard core di seluruh dunia.

Akan Tiba Saatnya… Katanya…

Ada banyak desas-desus seputar Nissan GT-R generasi R36 ini beberapa tahun lalu. Nissan bahkan menghadirkan Concept 2020 Vision Gran Turismo sejak 2014, yang dikatakan sebagai generasi penerus dari Nissan GT-R R35. Kemudian pada tahun 2018, Alfonso Albaisa selaku bos dari Nissan Design mengatakan “kami akan melakukan pekerjaan kami ketika saatnya tiba (untuk mengembangkan GT-R baru) untuk membuat mobil ini menjadi sesuatu yang sangat istimewa. Tapi kami bahkan belum mendekati itu.” Personil Nissan lainnya juga telah menyentuh topik GT-R generasi berikutnya sejak saat itu.

Terlepas dari semua kutipan tersebut, tidak pernah ada siaran pers resmi yang secara eksplisit menyatakan bahwa akan ada Generasi penerus dari GT-R R35. Meskipun pernyataan media yang dirilis oleh Nissan Australia tampaknya secara tidak langsung mengkonfirmasi bahwa itu akan segera hadir, lapor Drive Australia. Pernyataan yang dimaksud berisi rincian line-up GT-R 2022 untuk Australia, sebelum model R35 dihentikan mulai November 2021 karena ketidaksesuaian dengan peraturan keselamatan baru tentang side-impact yang berlaku di negara itu.

Managing Director Nissan Australia, Adam Paterson, bahkan mengatakan “GT-R telah mendapatkan tempatnya di puncak kinerja di seluruh dunia, bertindak sebagai ikon otomotif sejati selama lebih dari 50 tahun. Ini bukan akhir dari cerita GT-R di Australia, tetapi ini akan menandai penutupan bab ini untuk Nissan GT-R generasi ini. Dan tentu saja tidak ada yang lebih pas untuk mobil ini ini selain dengan penawaran jangkauan yang diperluas yang mencakup tidak hanya satu tetapi dua edisi khusus yang mendebarkan, ”lanjutnya.

Sempat Ada Keraguan

Bagian tentang “ini bukan akhir dari cerita GT-R di Australia” itu tentu saja cukup memberi tahu dan menunjukkan bahwa GT-R generasi berikutnya akan datang ke Australia, meskipun itu bukan konfirmasi langsung. At least saat itu Nissan tidak mengumumkan bahwa Nissan GT-R akan segera graduate dari kancah otomotif dunia. Mengingat usianya yang sudah 14 tahun dan masalah keuangan yang mendera Nissan berlakangan ini, nampaknya masuk akal bila Nissan tidak melanjutkan generasi GT-R. Tetapi Nissan mampu melestarikan produk yang menjadi ikonnya (iyalah emangnya Mits….). Ini terbukti karena Nissan telah menghadirkan generasi terbaru dari Nissan Fairlady Z yang merupakan model generasi ketujuh. Meskipun ada banyak hal baru pada Nissan Fairlady Z , ia sebenarnya menggunakan platform Nissan FM (Front Midship) yang merupakan versi revisi dari pendahulunya, 370Z.

Strategi ini juga dapat digunakan untuk R36 GT-R, di mana evolusi arsitektur PM (Premium Midship) dari Nissan R35 GT-R dipadukan dengan bodi dan interior yang serba baru. Sedangkan untuk mesinnya, versi terbaru dari mesin V6 twin-turbo 3.8 liter mobil saat ini cukup memungkinkan, dengan rumor bahkan menyebutkan potensi setup mesin hybrid. Atau bahkan dengan motor listrik di beberapa tahun mendatang. Sampai Nissan mengatakan sesuatu tentang R36 ini, semuanya tetap murni spekulatif untuk saat ini. Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar

Read Prev:
Read Next: