Hyundai Staria Load : Versi Komersial Bergaya Masa Depan

Hyundai Staria Load : Versi Komersial Bergaya Masa Depan
0  komentar

Autonetmagz.com – Hyundai Staria saat ini sudah naik kelas, dan digadang-gadang bakal menjadi pesaing dari Toyota Alphard atau Vellfire. Namun ternyata Hyundai masih menyediakan varian blind van dari Hyundai Staria ini sama seperti Hyundai H-1 dulu. Ini adalah Hyundai Staria-Load, varian van komersial dari Hyundai All-New Staria. Varian van ini baru saja diluncurkan untuk pasar Australia dan menggantikan model sebelumnya. Seperti model yang berfokus pada penumpang, ia memiliki desain baru yang radikal dan menjanjikan untuk menjadi jauh lebih baik daripada pendahulunya.

Harusnya tidak menurunkan citra Hyundai Staria sebagai MPV yang mewah karena Hyundai melakukan strategi yang sama seperti VW yang menjual Caravelle dan Transpoter dalam satu waktu yang bersamaan atau Mercedes Benz dengan V Class dan Vito yang keduanya memiliki ciri tersendiri, settingan suspensi, dan harga yang berbeda pula. Yang mendasari Staria-Load adalah platform mobil penumpang N3 yang sama dengan Hyundai Santa Fe 2021. yang mana platform tersebut lebih ringan dan lebih kaku dari platform Hyundai iLoad (Hyundai H-1 versi van di Australia) lama. Ia juga dilengkapi dengan axle belakang yang kokoh dan suspensi belakang dengan per daun, yang memungkinkannya membawa beban berat dan juga memiliki kemampuan untuk menarik hingga 2,5 ton.

Ruang Kargo Lebih Besar

Ruang kargo telah ditingkatkan secara signifikan dibandingkan H-1. Area kargo memiliki panjang 2.607 mm (102,6 inci), lebih panjang dibandingkan dengan iLoad yang hanya 2.375 mm (93,5 inci). Lebarnya sendiri 1.640 mm (64,5 inci) sementara versi sebelumnya 1.620 mm (63,7 inci).Untuk tingginya, Hyundai staria ini memiliki tinggi 1.436 mm (56,5 inci) ) sedangkan iLoad adalah 1.340 mm (52,7 inci). Loading height juga telah diturunkan sebesar 96 mm (3,7 inci) agar lebih mudah memasukkan barang dan pintu samping kini terbuka lebih lebar.

Untuk pilihan mesin hanya tersedia versi 2.2 liter CRDi turbo-diesel yang dapat menghasilkan 174 hp (130 kW) pada 3.800 rpm dan torsi 317 lb-ft (430 Nm) antara 1.500 dan 2.500 rpm. Mesin ini dijodohkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan dan berpenggerak front wheel drive. Belum ada kepastian apakah akan ditawarkan juga dengan transmisi manual agar lebih ekonomis atau plilhan mesin lain yang lebih besar.

Fiturnya Banyak

Hyundai juga telah melengkapi Hyundai Staria-Load dengan sejumlah fitur keselamatan canggih sebagai standar. Ini termasuk rem parkir elektrik, Rear Cross-Traffic Collision Avoidance Assist, Blind-Spot Collision-Avoidance Assist, Surround View Monitor, Intelligent Speed Limit Assist, Multi-Collision Braking, Lane Keep Assist / Lane following Assist, Forward Collision-Avoidance Assist , Parking Distance Warning, Safe Exit Warning, Smart Cruise Control with stop and go, and Driver Attention Warning with Leading Vehicle Departure. Cukup lengkap untuk ukuran mobil komersil, karena disini mobil komersil sudah ada AC dan power steering saja sudah sukur.

Varian Hyundai Staria-Load tersedia dalam konfigurasi 2 kursi atau 5 kursi dengan opsi liftback (pintu bagasi terbuka keatas) atau pintu bagasi yang membuka ke samping. Harganya sendiri mulai dari AU$45.740 (Rp 475 jutaan) untuk model 2 tempat duduk dan AU$48.240 (Rp 501 jutaan) untuk model 5 tempat duduk. Apakah varian ini patut ditunggu di Indonesia? bisa saja mengingat DHL menggunakan versi Short Roof dan Short Wheelbase dari Toyota Hiace, mungkin saja Hyundai memasukkan mobil ini secara spot order. Rasanya versi spec down dari versi MPV lebih pas digunakan sebagai armada travel atau ambulan. Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: