Nissan 400Z Akan Muncul Akhir 2022, Dijual Tahun 2023?

Nissan 400Z Akan Muncul Akhir 2022, Dijual Tahun 2023?
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingat dengan secercah harapan penggemar mobil sport Nissan pasca mereka mengumumkan Nissan Next? Yap, kalian tentu tahu bahwa di video singkat tersebut muncul sosok ‘Z’ beberapa kali. Dan kemunculan si sporty Z tersebut sukses membuat banyak pihak terharu dan bersemangat menyambutnya. Namun, kapan mobil tersebut akan dirilis? Banyak yang berharap 2021, tapi kenyataanya malah di penghujung 2022 dan mendekati tahun 2023 mendatang.

Mengutip informasi via AutoExpress, generasi terbaru dari Nissan Z, atau sementara kita sebut dengan nama Nissan 400Z, kabarnya akan diperkenalkan di penghujung tahun 2022 mendatang. Sedangkan penjualan mobil ini baru akan dimulai di tahun 2023, yap, 2 tahun lebih dari sekarang. Namun, mengapa perlu sebegitu lamanya? Apakah Nissan memang belum siap dengan produk ini? Tentunya hanya Nissan yang bisa menjawabnya, namun kalau diperhatikan, tahun 2023 merupakan tahun yang spesial untuk Nissan Z. Di tahun tersebut, Nissan 370Z, yang hingga saat ini masih dijual, akan genap berusia 15 tahun. Nampaknya momen tersebut akan dimanfaatkan Nissan untuk memberi jalan pada suksesornya.

Nah, Nissan 400Z sendiri kabarnya akan dimaksimalkan oleh Pabrikan Jepang ini untuk mengeruk profit sebanyak – banyaknya. Oleh karena itu, pemasaran model ini akan difokuskan di kawasan yang memiliki banyak basis fans dari seri Z Nissan. Sebut saja di Benua Amerika, khususnya Amerika Utara, lalu di Eropa, dan juga di China. Nissan sendiri kabarnya tengah fokus menguji mobil ini dengan ‘kulit’ yang berkamuflase menggunakan body dari Nissan 370Z. Alfonso Albaisa, Senior VP Design Nissan menyebutkan, “Nissan Z adalah mobil yang mendemokratisasi mobil sport di tahun 60-an. Mobil yang dijual saat ini sudah terlalu lama dipasarkan di diler, jadi kalian bisa bayangkan bagaimana desainer mobil ini sedang mengerjakan versi terbarunya”.

Nah, namun ada sebuah hal yang agak kontradiksi dan sulit dicapai dari keinginan Nissan tersebut, yaitu sport car dan profit. Kita semua tahu, kalau ingin profit tinggi, maka penjualan pun harus tinggi dan kalau bisa marginnya tinggi. Tetapi kita juga tahu bahwa penjualan mobil sport jarang yang tinggi, dan pengembangannya butuh biaya yang tak murah. Disinilah Nissan mengandalkan posisinya sebagai bagian dari aliansi. Nissan akan menggunakan arsitektur yang sudah ada, dibanding mengembangkan dari nol. Dan arsitektur yang kabarnya akan digunakan di Nissan 400Z adalah milik Infiniti Q60 Coupe. Artinya? Mesin depan, RWD, mesin 3.000cc V6 Twin-Turbo yang setidaknya mampu mencapai 400 hp.

Menarik? Tentunya. Tapi kita harus bersabar dahulu setidaknya sampai akhir 2022 untuk melihat sosok resminya. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: