Nissan XMotion : Gambaran SUV Masa Depan Nissan Yang Agresif

Nissan XMotion : Gambaran SUV Masa Depan Nissan Yang Agresif
0  komentar

AutonetMagz.com – Baru kemarin kami mengunggah sebuah informasi mengenai teaser dari mobil konsep baru asal Nissan yang punya wujud sebuah crossover. Dan hari ini di pembukaan ajang Detroit Auto Show alias North America International Auto Show 2018 sang crossover konsep telah menunjukkan rupanya dan mari kita panggil mobil ini dengan namanya, yaitu Nissan XMotion.

Sebenarnya nama Nissan XMotion cukup membuat kita berpikir, apakah Nissan akan mulai menggeser tren bahasa desain mereka yang namanya ‘VMotion’ dengan ‘XMotion’ karena nama keduanya mirip? Namun nampaknya nama Nissan XMotion memang murni sebuah nama, karena pada kenyataannya mobil ini juga masih menerapkan grille ala V-Motion yang jamak kita temui di mobil – mobil Nissan Jaman Now. Kembali ke Nissan XMotion, mobil ini menunjukkan diri di Detroit Auto Show 2018 dengan garis desain yang agaknya sedikit berbeda secara keseluruhan dengan SUV Nissan pada umumnya.

Jika SUV- SUV Nissan jaman sekarang seperti Nissan Xtrail, Nissan Qashqai dan Nissan Kicks cenderung membulat dan kurang berkarakter, maka Nissan XMotion tampil beda dengan tarikan garis yang tegas, boxy, dan juga berkarakter yang kuat. Desain ini mengingatkan kita pada desain ala Nissan Xtrail lawas dan Nissan Terrano lawas. Secara umum, desain dari Nissan XMotion juga mengingatkan pada desain Nissan IDx yang muncul beberapa tahun silam. Namun walaupun punya bentuk dan tarikan garis desain yang berbeda, nyatanya beberapa identitas dari Nissan masih hadir di Nissan XMotion ini, seperti grille yang sempat kami bahas di awal tadi dan juga lampu depan yang berbentuk ala bumerang, mirip dengan milik saudaranya Nissan Murano.

Namun, sayangnya kesan positif yang ada di sisi eksterior dari Nissan XMotion ini tak terlalu berpengaruh pada interiornya. Interior dari Nissan XMotion ini sendiri cukup ‘unik’ karena menggabungkan konsep yang sangat masa depan dengan sentuhan tradisional melalui ornamen berbahan kayu cemara asal Jepang di dashboad-nya. Hal lain yang juga menjadi fokus utama saat melihat interiornya adlah hadirnya layar display yang cukup banyak, 5 layar di sisi dahsboard yang terbagi menjadi tiga layar besar di tengah dan dua layar kecil di sisi kanan dan kiri. Selain itu, spion tengah dari Nissan XMotion ini juga diubah menjadi layar pula. Detail lain yang menarik juga ada pada manajemen kursi mobil ini, karena walau terlihat pendek, ternyata ada enam buah kursi di dalam mobil ini.

Yap, Nissan menyebut konfigurasi kursi mobil ini sebagai 4 + 2, dimana setiap baris memiliki dua buah kursi yang terpisah oleh area konsol tengah yang memanjang dari sisi depan ke belakang, sebuah desain yang agaknya mengingatkan kita pada Mazda CX-8. Dan area konsol tengah ini sendiri juga unik, karena terbuat dari bahan kayu, setidaknya begitu yang terlihat. Dalam hal teknologi, Nissan XMotionjuga mengusung beberapa fitur keren. Pertama, semua layar di mobil ini bisa menangkap perintah melalui hand & eye movement, sembari voice recognition dan perintah manual. Selain itu, tak kalah dengan smartphone dua jutaan, Nissan XMotion juga punya sensor biometrik berupa fingerprint sensor untuk menyalakan mesin mobil, jadi kalau belum terdaftar pasti tak bisa menyalakan mobil.

Selain itu, Nissan XMotionjuga dibekali dengan sistem semi autonomous ProPilot yang didampingi oleh virtual personal assistant berupa gambar ikan koi, jadi jelas apa alasan ada gambar ikan koi di teaser sebelumnya. Jadi itulah keunggulan – keunggulan utama dari Nissan XMotion yang hadir di NAIAS 2018, akankah menjadi versi produksi? Bisa iya bisa tidak, namun secara konsep jelas Nissan XMotion bisa menjadi penyegaran di tengah SUV – SUV Nissan yang cenderung rounded seperti sekarang. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: