Karena Skandal Efisiensi, Presiden Mitsubishi Mundur Dari Jabatannya

Karena Skandal Efisiensi, Presiden Mitsubishi Mundur Dari Jabatannya
0  komentar

AutonetMagz.com – Ingatkah saat kasus dieselgate Volkswagen mencuat ke publik? Saat itu yang memimpin adalah Martin Winterkorn, dan saat ketahuan serta menjadi polemik besar bagi VW Group, beliau langsung mengakui kesalahannya, meminta maaf, bertanggung jawab dengan melaksanakan recall besar-besaran dan langsung meninggalkan jabatannya, dan kini posisinya diganti oleh Mathias Muller dari Porsche.

Sekarang Mitsubishi yang mengalami kejadian yang mirip-mirip. Tetsuro Aikawa, bos Mitsubishi menyatakan akan mundur dari jabatannya karena merasa bertanggung jawab atas skandal kecurangan efisiensi BBM yang telah mencederai kehidupan perusahaan Mitsubishi Motors. “Saya harus mundur, jadi badan reformasi fundamental bisa masuk dan ambil bagian di departemen kendaraan,” kata Aikawa seperti dikutip TheWallStreetJournal.

mitsubishi lancer cedia rear

Keputusan ini sudah resmi, dan mulai berlaku efektif 24 Juni nanti, dan wakil presiden eksekutif Ryugo Nakao akan ikut bersamanya. Karena sekarang Nissan adalah pemilik Mitsubishi, Aikawa akan meminta Nissan supaya mengutus orang untuk mengambil alih kemudi Mitsubishi di departemen perancangan dan pembuatan mobil. Semoga ada orang yang ditempatkan di divisi mobil sport untuk meneruskan Evo.

Aikawa sendiri menampik keterlibatannya dalam skandal BBM ini, tapi toh faktanya ia tetap minta maaf dan bertanggung jawab. Hingga saat ini, dideteksi ada 9 mobil termasuk 4 kei car yang data efisiensinya dicurangi, dan ada 600 ribu mobil yang sudah beredar dengan data efisiensi BBM ngawur, termasuk mobil-mobil yang sudah diskontinyu. Entah itu termasuk Galant, Lancer, FTO, GTO dan Eclipse atau tidak.

Mitsubishi-outlander-2011

Tapi luar biasa besar ya budaya malu di Jepang dan Jerman sana. Salah sedikit, langsung mau ambil tanggung jawab dan bersedia mundur dari jabatannya, padahal prestise jabatan yang dihuni Winterkorn dan Aikawa kan luar biasa. Inginnya, kita di sini bisa mencontoh budaya malu tersebut, karena menunjukkan seberapa besar tanggung jawab kita dalam mengemban tugas. Yuk, mulai dari sekarang perbesar rasa tanggung jawab. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Nakazato Kira

    Secara pribadi, aku tidak bisa mengharapkan orang dari divisi sport Mitsubishi buat memimpin perusahaan. Lebih baik fokuskan dulu memulihkan perusahaan, membuat penerus Evo belakangan saja

  • D83

    Disatu sisi, ini Terstruktur, Massive & Sistematik. Karena sudah lama baru ketahuan sekarang. Walaupun mgkn kurang se-heboh Dieselgate VW. Tapi disisi yg lain patut dijadikan contoh utk org Indonesia budaya Malu, langsung mengundurkan diri

    • farid

      Kesalahan kalau ditutupi pasti nanti kebongkar juga,kalau gak di dunia ya di akhirat.tapi sejak kasus dieselgate yg dilakukan VW group makin banyak ketahuan pabrikan lain soal kecurangan emisi dan efisiensi BBM,dari skandal dieselgate yg dilakukan VW itu lah yg bikin semua pabrikan lain selain dari VW group dicek kendaraan yg diproduksi apakah melakukan kecurangan sama atau tidak

  • TOYOTUA

    Besarnya budaya malu mereka..? Pemuda Indonesia.. Ayo perbesar kemaluan! ?

    • Evan Nsas

      sungguh username sembarangan

  • Ryan

    Ya emang budaya malunya org jepang luar biasa. Pas kasus airbag bosnya Takata minta maaf sambil membungkuk ke umum. Trus yg disini, ada kontraktor jalan layang dr jepang yg tiang pancangnya cuma kurang presisi dikit, ga cuma dibetulin tp dibongkar total semuanya. krn mereka ga mau nanggung malu kalo dimasa depan proyeknya kenapa napa.

    Disini mah boro2 om. UU yg ngelarang mantan napi buat nyalon jd caleg aja malah dihapus. Alhasil mantan koruptor malah bisa dudukin jabatan lg ckck
    Yg paling baru nih SN, kasusnya blm kelar jg, udah jelas minta jatah saham freeport eh malah kepilih jd ketum partai. Dagelan tingkat tinggi
    Emang orang sini pada tebel2 mukanya

  • farhan

    ane sih salut ama bos VW dan Mitsubishi..mereka tanggung jawab atas kesalahan mereka dan mereka ada rasa malu..bahkan saking malunya mereka sampe mengundurkan diri..dibanding koruptor disini, gak ada rasa tanggung jawab dan rasa malu…ane rasa semua orang korup disini benar2 gak ada moral dan mereka sangat berhak menerima hukuman mati

  • Devina Halim

    5.E.E.8.0.A.F.E. FaNs.BeTTinG

    di tunggu pendaftaran nya ya bos 🙂

  • Anonym

    Memang budaya malu di luar perlu dicontoh pejabat2 di sini, seperti contohnya kasus vw sama mitsubishi ini sampai pemimpinnya mengundurkan diri dari jabatannya. Gk kaya beberapa pejabat di sini, seperti contohnya ANS yg pernah bilang kalo dia korupsi sepeserpun suruh digantung di monas. Omdonya doang digedein tapi moralnya masih perlu banyak belajar. Dan masih sempatnya senyum setelah jadi tersangka, termasuk koruptor lain. Orang indonesia memang ramah di segala hal 🙂

  • Levi

    Kalo disini pejabat udah kebukti pake nama presiden buat perpanjang kontrak tambang ttp kagak mau ngaku, udah gt nyalon jd ketum partai lagi

    Yaa maklum, di SD kita lbh diajarin Matematika, IPA dan B.Ing, bukan budi pekerti lagi

    Acara TV kita jg kebanyakan kagak mendidik, yaa akhirnya gini dah

  • rizki

    Sungguh patut ditiru budaya mengundurkan diri karena bertanggung jawab atas produknya, tapi kok saya belum pernah liat ada petinggi TAM / TMMIN atau HPM atau ADM atau apalah APM merk asing disini ketika ada produk rakitannya yang menghilangkan nyawa penggunanya atau membuat pembeli produknya buang waktu bolak balik ke bengkel karena kualitas perakitan / bahan yang rendah. Yang ada di media hanya pembelaan diri atas kasus-kasus tersebut, recall sembunyi-sembunyi tapi belum ada yang (mau) mengundurkan diri sebagai bentuk tanggung jawab hehe