Nissan : Bentuk Z Proto Bakal Bertahan Sampai Produksi

Nissan : Bentuk Z Proto Bakal Bertahan Sampai Produksi
0  komentar

AutonetMagz.com – Nissan tengah dalam langkah perbaikan jati diri besar-besaran setelah ada berbagai macam masalah pelik yang menimpa merek asal Jepang ini, mulai dari turunnya penjualan akibat model-model yang mulai usang hingga skandal dengan mantan bosnya sendiri. Revolusi dari Nissan termasuk ganti logo baru, fokus di mobil-mobil listrik seperti Leaf dan Ariya hingga persiapan untuk model-model all new, mulai dari SUV atau crossover, city car hingga mobil sport.

Nissan Z Proto adalah salah satu bentuk komitmen dari Nissan, dan salut untuk Nissan masih berani bermain di segmen mobil sport. Meski berstatus konsep, mobil ini sebenarnya tidak terlalu aneh-aneh amat untuk diproduksi secara massal. Belum lama ini, Nissan memamerkan Nissan Z Proto di tengah publik Jepang dan menarik banyak perhatian, dan sebagian besar memberikan respon positif terhadap bentuk bakal calon Fairlady Z baru itu.

Bahkan kehadiran Nissan Z Proto menarik perhatian orang-orang berpengaruh, contohnya adalah terlihatnya beberapa anggota klub Wangan Midnight yang terkenal dengan aksi kebut-kebutan hingga 300 km/jam hadir untuk melihat “Zetto”. Hiroshi Tamura alias Godfather-nya Nissan GT-R yang juga menjadi kepala spesialis produk melaporkan bahwa Nissan Fairlady Z Proto bentuknya akan relatif sama saat diproduksi nanti, begitu menurut laman BestCar Jepang.

Oh ya, respon positif yang dilontarkan publik terhadap Nissan Z Proto khususnya ditujukan untuk aspek desain-desain retro, alias inspirasi dari Fairlady 240Z dan 300ZX yang hadir di Z Proto. Kehadiran transmisi manual juga diapresiasi, meski Nissan juga nampaknya paham kalau usia transmisi manual tinggal menghitung hari, salut juga kalau masih ada pabrikan yang menawarkan sensasi pindah gigi sendiri.

Nissan Z Proto nantinya akan memakai mesin 3.000 cc V6 twin turbo dengan tenaga minimal 400 hp dan torsi sekitar 474 Nm, naik signifikan dibanding Nissan 370Z yang punya 333 hp dan torsi 366 Nm dari mesin 3.700 cc V6 non turbonya. Sebagai penutup, Tamura menambahkan kalau Nissan Z Proto akan dijual dengan harga yang “masuk di budget”. Apa opinimu mengenai Nissan Z Proto? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: