Geely Beli 34% Saham Renault Korea Selatan, Demi Apa?

by  in  Berita & Geely & International
Geely Beli 34% Saham Renault Korea Selatan, Demi Apa?
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih membahas mengenai brand asal Perancis yaitu Renault, namun kalau sebelumnya Renault galau dengan eksistensi mereka di Russia, maka kali ini sedikit berbeda. Yap, sesuai dengan judul di atas, Renault Korea Selatan nampaknya cukup menarik di mata brand asal China, Geely. Malahan, Geely nampak sudah bersiap untuk mengakuisisi 34% dari saham Renault di Korea Selatan. Demi apa Geely melakukannya? Ingin melebarkan pasar ke Korea Selatan? Yuk kita bahas.

Beli Saham Renault Korsel

Dalam pengumuman resmi yang diunggah oleh pihak Geely, mereka menyatakan, “Kesepakatan akan meningkatkan kolaborasi antara Renault Group dan juga Geely Auto di proyek yang akan datang untuk pasar Korea Selatan”. Nah, dari pernyataan ini sebenarnya bisa kita simpulkan sederhana bahwa Geely nampaknya melirik pasar Korea Selatan. Namun apakah artinya brand asal China itu ingin menjual produk mereka di Korsel? Sepertinya bukan itu tujuan utamanya. Mengacu pada laporan AutoNews, ada sumber yang menyatakan bahwa kerjasama antara Renault Korea Selatan dengan Geely adalah sebuah pintu yang terbuka menuju ke pasar Amerika Serikat. Lho, kok jadi Amerika Serikat? Apa hubungan antara pasar Korsel dengan Amerika Serikat?

Eits, ternyata kaitannya cukup erat. Korea Selatan dan Amerika Serikat telah memiliki free trade agreement atau perjanjian perdagangan bebas yang akan memudahkan produk – produk Korea Selatan untuk dipasarkan di Amerika Serikat, dan sebaliknya. Nah, melalui perjanjian ini, Geely bisa memasarkan produk rakitan Korsel ke Amerika Serikat tanpa perlu dikenai beban pajak. Yap, ini adalah langkah yang cerdik, apalagi kalau kita mengingat hubungan antara China dan Amerika Serikat yang sulit untuk akur. Sebaliknya, bagi Renault, ada keuntungan lain yang didapatkan dari Geely. Seperti yang kita ketahui bersama, Geely memiliki dana yang besar dan ada banyak brand di bawah naungannya. Apa untungnya bagi Renault?

Investasikan Dana 3 Triliun Rupiah

Renault bisa saja mendapatkan akses pendanaan maupun teknologi yang ada di bawah naungan Geely, terutama kalau kita bicara tentang elektrifikasi. Win – win solution? bisa jadi seperti itu. Dalam pengumuman resmi yang diunggah oleh Renault Korsel, mereka akan menjual 45,4 juta saham mereka ke Geely Centurion Industries Ltd senilai 5.818 Won per saham (senilai 66.177 Rupiah). Jika ditotal, maka shaam yang dibeli Geely senilai 3 triliun Rupiah. Dengan pembelian ini, apakah artinya Geely jadi pemegang saham terbesar Renault Korea Selatan? Tidak juga, Renault masih memiliki mayoritas saham di Renault Korsel, dan Samsung memiliki 20% dari sisa sahamnya. Kita lihat saja bagaimana sepak terjang Geely dengan Renault Korea Selatan.

Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: