Wajib Pakai Child Car Seat di Thailand, Dendanya Sampai 800 Ribuan!

Wajib Pakai Child Car Seat di Thailand, Dendanya Sampai 800 Ribuan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Bagi kalian yang sudah memiliki anak kecil, maka menggunakan child car seat atau kursi khusus untuk anak – anak di dalam mobil adalah opsi yang bijak. Dengan menggunakan kursi khusus tersebut, kalian bisa memastikan anak kalian bisa tetap aman selama berkendara, ketimbang digendong atau dipangku oleh orang. Yang menarik, ternyata kursi khusus untuk anak – anak ini telah menjadi hal wajib bagi pengguna mobil di Thailand lho. Yang melanggar tentu akan dikenakan denda yang jumlahnya tidak sedikit.

Wajib Pakai Car Seat, Atau Denda 800 Ribuan

Membeli child car seat atau baby car seat memang merupakan sebuah opsi yang harus dipertimbangkan oleh banyak orang tua, walau biayanya tidak murah. Kalau kita lihat, harga child car seat yang proper dan terhubung dengan ISOFIX dibanderol di atas 1 juta Rupiah, bahkan ada yang sampai belasan juta Rupiah. Yap, investasi yang tidak murah, namun menjadi keharusan jikalau kalian ingin anak kalian aman selama perjalanan. Nah, Pemerintah Thailand pun sadar bahwa penggunaan child car seat besar manfaatnya, seperti halnya menggunakan sabuk pengaman bagi orang dewasa. Oleh karenanya, mereka menerbitkan peraturan baru yang mewajibkan penggunaan child car seat bagi anak – anak di dalam mobil. Lantas, seperti apa bentuk peraturan yang dibuat oleh Pemerintah Thailand ini?

Untuk anak – anak di bawah usia 6 tahun yang berkendara menggunakan mobil, maka mereka harus duduk di kursi khusus anak – anak atau child car seat. Nah, Pemerintah Thailand juga telah memberikan detail kursi seperti apa yang diperbolehkan oleh Pemerintah, dimana pihak kepolisian yang memberikan sosialisasinya. Lantas, bagaimana jikalau ada orang tua ‘bandel’ yang melanggar aturan ini? Tentunya ada denda yang diberlakukan. Denda untuk pelanggaran ini mencapai 2.000 Baht atau setara 838 ribuan Rupiah. Hmmm, nambah sedikit sudah bisa dapat Child Car Seat lho. Dengan denda yang mendekati harga child car seat, nampaknya lebih make sense jikalau para orang tua di Thailand berinvestasi dan membeli kursi khusus tersebut ketimbang membayar denda.

Efektif September 2022

Peraturan ini bakal berlaku efektif pada 5 September 2022 mendatang, yang mana artinya para orang tua punya waktu sekitar 4 bulan untuk mematuhinya. Lantas, bagaimana jikalau ada anak berkebutuhan khusus yang tidak bisa menggunakan child car seat? tenang, peraturan tersebut dikecualikan untuk anak – anak yang memiliki masalah medis atau keterbatasan fisik. Lantas, bagaimana jikalau ada yang keberatan mengeluarkan dana besar untuk membeli child car seat? Wakil Ketua Komite DPR Thailand, Nikorn Chamnog menyatakan bahwa peraturan baru ini memungkinkan orang tua untuk menggunakan bantalan kursi khusus yang harganya cukup terjangkau (sekitar 600 Baht atau setara 250 Ribuan Rupiah).

Jadi, bantalan kursi ini akan membuat anak duduk dengan posisi yang cukup tinggi dan bisa terlindungi seat belt. Nikorn juga menyadari bahwa tingginya harga child car seat bisa menjadi hambatan tersendiri. Oiya, di Malaysia, peraturan serupa sudah dikeluarkan sejak awal 2020 silam. Indonesia kapan ya?

Read Prev:
Read Next: