Nissan Magnite & Renault Kiger Raih Bintang 4 di Global NCAP!

Nissan Magnite & Renault Kiger Raih Bintang 4 di Global NCAP!
0  komentar

AutonetMagz.com – Makin kesini, kesadaran konsumen akan pentingnya keselamatan dalam berkendara makin tinggi. Selain itu, banyak pabrikan yang juga concern pada hal tersebut dan memperbaiki kualitas keamanan dari kendaraan mereka. Nah, seperti yang kita ketahui, India merupakan salah satu negara yang mobil produksinya sering dicap tidak aman dan mendapat rating rendah di NCAP. Namun, ada 2 mobil rakitan India terbaru yang berhasil meriah hasil positif. Keduanya adalah Nissan Magnite dan Renault Kiger. Yuk kita bahas.

Renault Kiger 2 Airbag

Magnite & Kiger Raih 4 Bintang

Pada pengujian terakhir yang dilakukan oleh Global NCAP, mereka menguji tabrak Nissan Magnite dan Renault Kiger dengan hasil yang sangat memuaskan. Seperti yang kami singgung di atas, keduanya meraih bintang 4 dalam pengujian kali ini. Memperoleh 4 bintang merupakan hasil yang menarik jika melalui uji coba tersebut. Mengapa? Karena mobil produksi India memiliki stereotipe sebagai mobil yang buruk kualitas keselamatannya di NCAP. Bahkan, Global NCAP pun sempat menggaungkan program bernama #SafeCarsForIndia. Ini adalah sebuah kampanye yang diperkenalkansejak tahun 2014 dan selama delapan tahun terakhir sudah ada 50 model mobil dievaluasi oleh Global NCAP. “Untuk beberapa pabrikan India, sudah menjadi kewajiban bagi mereka untuk memiliki validasi atas komitmen mereka terhadap keselamatan,” ujar Presiden Towards Zero Foundation, David Ward.

Nissan Magnite 2 Airbag

Pemerintah India pun mendukung gerakan tersebut dengan memberikan standar nasional disana untuk setiap mobil harus memiliki 6 titik airbag dan hal tersebut sangat disetujui oleh David Ward agar pasar otomotif di India akan lebih meningkat. Sebuah fakta yang menarik, karena bahkan di Indonesia pun belum ada peraturan yang mewajibkan 6 buah airbag. Kembali ke pembahasan hasil NCAP dari kedua SUV yang juga dijual di Indonesia. Untuk Nissan Magnite tipe paling rendah menerima empat bintang untuk orang dewasa dan dua bintang untuk perlindungan penumpang anak dan memiliki airbag depan ganda dan rem anti-lock sebagai standar. Hasil penilaian dari SUV compact tersebut menunjukkan struktur yang stabil dan perlindungan marjinal ke dada pengemudi.

Yang Diuji Tipe Paling Murah

Tetapi sangat disayangkan, Nissan Magnite dijual tanpa ISOFIX untuk Sistem Pengaman Anak (CRS), ESC, perlindungan benturan kepala samping dan sabuk pengaman tiga titik di bagian belakang sebagai standar. Dengan cara yang sama dengan Nissan Magnite, saudara kandungnya dari Renault, yaitu Renault Kiger yang juga dibangun dengan platform CMF-A+ juga mendapatkan empat bintang untuk perlindungan penumpang dewasa. Selain itu, Renault Kiger juga meraih angka yang sama yaitu dua bintang untuk perlindungan penumpang anak dengan spesifikasi entry-level yang sama. Capaian ini merupakan hasil yang positif, dimana kedua mobil ini meraih hasil yang identik karena memang keduanya adalah produk kembar yang hanya beda rupa saja. Artinya, standar keamanan di mobil produksi India telah jauh meningkat dibandingkan sebelumnya.

Jadi, bagaimana menurut kalian? 

Read Prev:
Read Next: