Mitsubishi Fuso Rayakan Eksistensi 90 Tahun Fuso

Mitsubishi Fuso Rayakan Eksistensi 90 Tahun Fuso
0  komentar

AutonetMagz.com – Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation mengumumkan perayaan ulang tahun ke-90 untuk merek Fuso pada Mei 2022. Asal usul nama Fuso dimulai pada Mei 1932, ketika bus bensin pertama Mitsubishi B46 yang diproduksi di Kobe bekas Pabrik Kapal Mitsubishi. Memiliki panjang 7 meter, dan 38 tempat duduk dengan mesin bensin 7.0 liter 6 silinder bertenaga 100 hp. Nama kendaraan, yang dipilih di antara proposal dari karyawan di perusahaan, disarankan oleh seorang insinyur.

Mitsubishi B46

Arti Dibalik Nama Fuso

Usulan tersebut mendukung FUSO karena namanya cocok untuk mewakili Jepang, nama Jepang sederhana yang melambangkan Jepang dan Mitsubishi, dan memiliki suara yang halus dan familiar, yang memberikan gambaran yang jelas. Kata “Fuso” awalnya mengacu pada pohon suci besar yang pernah dikatakan sebagai tempat matahari terbit di Tiongkok. Kata itu sekarang digunakan sebagai nama untuk bunga kembang sepatu. Dikatakan juga bahwa itu digunakan sebagai sinonim untuk Jepang di Tiongkok kuno.

Julukan “FUSO” digunakan satu demi satu untuk produk utama sepertitruk bermesin bensin 4-ton KT1 (1946), yang merupakan truk berkabin besar pertama di atas truk T380. Kemudian Mitsubishi Fuso Rosa (1960) sebagai minibus pertama di Jepang. Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Jepang yang tinggi pada 1950-an –.1970-an, jajaran produk mencakup berbagai truk dan bus kecil hingga besar, yang memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi.

Perkembangan Fuso Saat Ini

MFTBC, produsen kendaraan merek FUSO yang lahir ketika Mitsubishi Motors Corporation memisahkan divisi kendaraan komersialnya dari divisi mobil penumpang pada tahun 2003. Pada musim semi 2006, MFTBC bergabung dengan grup truk yang diorganisir dalam Daimler Chrysler yang sekarang menjadi bagian integral dari Daimler Truck AG. Saat ini FUSO telah menjual truk dan bus ke lebih dari 170 negara. FUSO bertujuan untuk melanjutkan sebagai merek yang dicintai dan dipercaya, mengembangkan produk dengan “kualitas, lingkungan, dan keamanan” sebagai prioritas utama.

Truk “Canter” (atau yang biasa kita kenal sebagai Colt Diesel dengan ciri khas warna kuning) merupakan truk ringan yang memegang pangsa pasar teratas di banyak negara. Pada tahun 2017, FUSO meluncurkan truk “eCanter” listrik ringan pertama yang diproduksi secara massal di Jepang, memimpin elektrifikasi kendaraan komersial. Selain itu juga ada Super Great – truk heavy duty pertama di Jepang yang dilengkapi dengan Teknologi Automated Driving Support Level 2.

Read Prev:
Read Next: