Ford Everest Kini Bermesin Twin Turbo, Tenaga 210 Horsepower!

by  in Ford&International
Ford Everest Kini Bermesin Twin Turbo, Tenaga 210 Horsepower!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kami sempat terkesima dengan mesin turbo diesel milik Hyundai Sante Fe dan KIA Sorento yang tergolong kencang dan irit buat SUV sebesar itu. Tapi sebagaimana dunia yang terus berubah, standar sebuah mesin diesel gila di SUV pun sepertinya bakal naik lagi, tapi bukan gara-gara Hyundai atau KIA, melainkan karena Ford. Kenapa? Soalnya Ford Everest baru saja dapat mesin twin turbo diesel dari Ranger Raptor. Edan!

Dengan diperkuat mesin 2.000 cc 4 silinder twin turbo diesel hasil turunan dari Ford Ranger Raptor, kini taji Ford Everest kian tajam. Alhasil, Ford Everest baru kini resmi menyandang tenaga 210 hp dan torsi jumbo 500 Nm. Besar sekali bukan? Bahkan jika dihadapkan pada SUV lain macam Trailblazer, Pajero Sport, Fortuner dan MU-X, keempat SUV ini langsung terasa seperti kucing piaraan dibandingkan kesangaran mesin Everest yang macam kucing hutan.

Mesin itu dipasangkan ke transmisi 10 percepatan yang sama dengan Ranger Raptor juga. Selain lebih bertenaga dan bertorsi, kompetensi mesin twin turbo diesel yang dijuluki EcoBlue ini juga naik drastis. Dengan mesin ini, Ford Everest baru bisa menderek beban hingga 3,1 ton, dan artinya itu jauh lebih besar daripada kemampuan derek Ford Explorer di Amerika yang hanya bisa menderek 2,3 ton. Luar biasa ya mesin twin turbo ini.

Untuk mesin EcoBlue diesel twin turbo ini, Ford hanya akan menawarkannya sebagai opsional untuk varian Trend, namun sudah jadi standar untuk varian titanium. Untuk model lain, sisanya akan tetap memakai mesin 3.200 cc DuraTorq lama yang biarpun kapasitasnya lebih besar, output resminya masih di bawah mesin twin turbo ini, yakni 192 hp dan 470 Nm.

Tapi sayang sekali, ini tidak otomatis menjadikan Ford Everest bermesin twin turbo ini langsung dibaptis jadi Ford Everest Raptor. Tidak seperti Ranger Raptor yang dapat mesin twin turbo plus aksesoris off roader, Everest tetap jadi SUV ladder frame biasa untuk keluarga tanpa aksesoris off roader di sana-sini. Biarpun begitu, mesin yang ada sudah cukup untuk menggetarkan merek lain yang ogah main mesin. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: