First Impression Review New Chevrolet Trax Facelift 2017

by  in Chevrolet&Mobil Baru&Review
First Impression Review New Chevrolet Trax Facelift 2017
0  komentar

AutonetMagz.com – Apakah terlalu cepat bagi Trax untuk mendapatkan facelift? Menurut kami bukan terlalu cepat, tetapi GM Indonesia seharusnya memasukan varian berwajah tampan ini sedari tahun lalu, kasihan kan konsumen terdahulu. Yah… apa boleh buat, kabar baiknya Chevrolet Trax sekarang memiliki wajah yang serupa dengan versi global dan sejumlah penyegaran pada front fascia dan interior-nya. Chevrolet Trax facelift 2017 hadir dengan 7 warna, namun jika dulu ada warna biru, sekarang sudah hilang ditelan bumi.

Dari segi harga Trax dijual relatif terjangkau meskipun berstatus CBU, compact SUV ini juga menjadi salah satu yang paling worth to buy dibandingkan dengan rival – rivalnya. Kata-kata tadi bukan isapan jempol kaki tetangga belaka, mengingat AutonetMagz pernah mereview Chevrolet Trax lawas, dan terkesima dengan apa yang ditawarkan meski mobil itu tidak benar-benar sempurna juga. Penasaran dengan improvement lengkapnya? Mari simak first impression Chevrolet Trax 2017 berikut ini!

Eksterior

Kami tidak akan membahas terlalu rinci apa saja hal yang sudah ada pada Trax sebelumnya, apabila kalian penasaran dengan detail perubahan Chevrolet Trax, kalian boleh melihat dan membandingkan versi lama dari Trax dengan yang terbaru pada artikel First Impression Trax 2016. Kesan pertama kami terhadap Chevrolet Trax yang dipamerkan di Senayan City adalah menggugah selera, warna Burning Hot-nya memberikan kesan yang sulit untuk diungkapkan dengan kata – kata. Tidak sekedar gombal belaka, buktinya Trax merupakan magnet terkuat pada saat kami datang, susah sekali untuk masuk atau sekedar mengabadikan Trax yang selalu penuh orang.

Berbeda dengan model sebelumnya yang terkesan standar, pada model baru ini terdapat kesan garang dan modern namun ada juga sisi imutnya. Mengapa kami bilang seperti itu? Pertama wajahnya yang baru memberikan suatu ekspresi yang garang dan secara keseluruhan terdapat juga sisi – sisi modern dan maskulin yang dapat dilihat dari lampu baik depan maupun belakang serta peleknya yang besar, namun apabila melihat dimensi dari compact SUV ini terasa seperti marmut yang penuh dan gempal, terasa kurang proper dan rasanya ingin menariknya kedalam wujud Captiva.

Sebagai orang yang mengenal desain Trax sebelumnya, perubahan pada Trax ini cukup membuat kagum, meskipun ubahan besar hanya terjadi pada bagian depan, tetap saja ada suatu perasaan yang mengatakan “Ya! Seharusnya tampangmu dari dulu seperti ini!” Bak artis korea yang sukses melakukan operasi plastik. Tapi kok jadi mirip Ford EcoSport ya?

Hal tersebut kami pertegas terutama pada bagian lampu utama, grill dan bumper depan. Tarikan tegas pada grill berpadu dengan logo Chevrolet dan menyambung diantara headlamp yang kini telah dilengkapi DRL LED dan mengusung proyektor untuk penerangan yang maksimal. Kesan SUV masih tampak berkat kehadiran protector dari plastik berwarna hitam dan skid plate berwarna silver pada bagian bawah. Housing foglamp juga memiliki desain baru yang pas dan secara keseluruhan penggunaan krom pada front fascia membuat kesan mewah yang tidak berlebihan.

Pada bagian samping tidak ada perubahan berarti, hanya desain baru pada pelek yang tetap berukuran 18”. Pada bagian belakang perubahan yang terjadi adalah adanya desain baru dari aksen lampu belakang yang telah mengusung LED lamp pada varian LTZ. Hal lain, desain bumper yang baru membuat penyegaran karena protector plastik berwarna hitam tidak lagi mendominasi bagian bumper hingga mulut bagasi, lebih terlihat manis dengan skid plate berwarna silver pada bagian bawahnya.

Bagaimana membedakan dengan varian LT? Memang harus agak jeli, yang pertama adalah lampu rem belakang yang tidak menggunakan LED, kedua kaca spion yang tidak dilengkapi lampu sein, ketiga pelek  berukuran 16”, keempat lampu depan yang tidak dilengkapi DRL LED dan proyektor, terakhir skid plate yang berwarna hitam.

Interior

Memasuki kabin dari Trax, posisi mengemudi nampak mantap dengan pengaturan yang lengkap bagi pengemudi, seatbelt yang bisa diatur ketinggiannya serta stir yang tetap memiliki fitur tilt dan telescopic. Kekurangan dari posisi mengemudi Trax menurut kami adalah letak handle reclining yang terlalu belakang dan terasa lebih mudah menggapai tuas dengan desain baru untuk ketinggian, selain itu posisi rem tangan yang berada di sisi penumpang membuat kagok apabila terisi minuman, sama seperti Nissan Juke.

Dari segi pintu kami tidak bisa berkomentar banyak, masih sama dengan versi sebelumnya kecuali varian LT yang sudah dilengkapi power window electric. Improvement selanjutnya dari Trax adalah dashboard yang berubah cukup banyak. Desain dashboard memang masih terasa tarikan garis lama, namun pemilihan warna hitam membuatnya terlihat mewah, selain itu kisi AC dan penempatan yang baru disamping Head Unit membuatnya lebih proper dibanding model sebelumnya.

Jika boleh disimpulkan, desain dashboard Trax baru ini terlihat lebih pas dan elegan, satu hal yang perlu diketahui, Trax versi sebelumnya memiliki 2 buah laci pada sebelah kiri, 1 buah tempat penyimpanan diatas Head Unit dan celah yang tidak terlalu dalam pada kedua sisi Head Unit, namun pada Trax yang baru ini justru hanya 1 tempat seperti laci mobil biasa. Dari segi penyimpanan barang, Trax mengalami pengurangan dibanding model sebelumnya. Pada bagian bawah Head Unit terdapat port USB dan port AUX serta port 12V pada tepi kanan.

Spidometer kini tampil dengan penyegaran, berbeda dengan desain lama yang memiliki penunjuk kecepatan digital, pada Trax baru ini terdapat dual analog cluster yang menunjukkan putaran mesin dan kecepatan, disamping kanannya disertai MID yang cukup besar dan lengkap. Fitur levelling lampu tidak ada yang dikurangi hanya saja desainnya diremajakan agar match dengan desain keseluruhan dashboard barunya. Satu hal yang menurut kami sedikit kurang pas adalah kenop AC yang masih pakai putar-putaran. Selebihnya noproblem.

Fitur power window dengan auto up and down dan autodown pada kaca penumpang tetap hadir, sama seperti sebelumnya. Duduk dibagian belakang terasa sama seperti sebelumnya, tidak sempit namun juga bukan yang paling lega di kelasnya, masalah keluasan bagasi dan prosesi pelipatan bangku pun masih sama dengan Trax sebelumnya. Safety belt 3 titik, arm rest dengan cupholder, serta power outlet 230V masih menjadi fitur yang menjadi pembeda dengan rival – rivalnya. Kekurangan yang tidak dibenahi dari Trax menurut kami adalah masih absennya console box tengah yang dilengkapi arm rest.

Mesin, Safety dan Driving Impression

Dari segi mesin dan safety, Trax baru tidaklah mengalami perubahan. Mesin tetap yang paling bertenaga di kelasnya, dan fitur keselamatan masih yang terlengkap. Untuk Driving Impression-nya dapat dilihat di Driving Impression Chevrolet Trax.

Overall kami suka dengan desain baru dari Trax ini, dengan improvement pada bagian kabin yang kami rasa membuat Trax semakin menyenangkan untuk dikendarai dalam jangka waktu lama. Meskipun masih terdapat beberapa kekurangan yang minor, kami rasa tidaklah menganggu segudang kelebihan yang Trax miliki. Bagaimana menurut kalian? Berminat memiliki Chevrolet Trax? Sampaikan di kolom komentar ya!

Read Prev:
Read Next: