F1 2018 : McLaren Pilih Renault, Toro Rosso Dapatkan Honda

F1 2018 : McLaren Pilih Renault, Toro Rosso Dapatkan Honda
0  komentar

AutonetMagz.com – Dinamika F1 beberapa tahun terakhir diwarnai dengan drama yang silih berganti sepanjang seri. Mungkin belum sedramatis sinetron atau FTV lokal, tapi tetap menarik buat dilihat drama apa lagi yang mewarnai balapan jet darat. Mulai dari mesin Honda yang mengenaskan, foto Alonso sedang nyantai, insiden Vettel vs Hamilton, dan yang paling mengagetkan adalah tabrakan yang melibatkan beberapa mobil setelah F1 GP Singapore baru mulai beberapa detik saja.

Mumpung sudah akhir tahun, semua tim sudah tahu mau mengambil langkah apa untuk musim F1 2018. McLaren resmi menyatakan akan pisah dari Honda untuk tahun depan, seraya menunjuk Renault jadi pembuat mesin mobil F1 mereka. Di sisi lain, Toro Rosso yang saat ini memakai mesin Renault akan bermitra dengan Honda sebagai pemasok mesin mereka. Singkat kata : McLaren dan Toro Rosso saling bertukar pemasok mesin.

Musim depan akan jadi pertama kalinya kita melihat McLaren dan Renault berkolaborasi. “Pengumuman hari ini memberi kami stabilitas yang perlu dilakukan dengan chassis dan program teknis untuk musim 2018 tanpa keraguan lebih lanjut,” kata Zak Brown, Direktur Eksekutif Grup Teknologi McLaren. Mereka bilang akan mengincar kemenangan dengan Renault, menyusul tiga musim yang mengecewakan dengan mesin Honda.

Dari sisi Toro Rosso, mereka terlihat membuka diri dengan kedatangan Honda. Franz Tost, Team Principal Scuderia Toro Rosso mengatakan, “Kami senang dengan peresmian kerjasama bersama Honda. Kami sangat terinspirasi dengan semangat balap yang telah dibangun oleh pendiri perusahaan Honda, yaitu Mr. Soichiro Honda. Honda telah mempunyai sejarah panjang di F1 sejak tahun 1964 lalu. Kami optimis dapat meraih hasil yang baik melalui kerjasama ini”, tambahnya.

Seraya dengan pengumuman ini, keduanya mengonfirmasi bahwa mesin yang berbeda dipastikan memerlukan pengembangan sasis dan teknologi lagi dibanding mesin yang sekarang. Siapa yang bakal lebih kompetitif, McLaren-Renault atau Toro Rosso-Honda? Tidak tahu, yang jelas mesin Renault yang dipakai Toro Rosso juga tergolong underdog dibanding tim kelas kakap seperti Mercedes dan Ferrari, tapi yah, kita lihat saja nanti. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: