Daihatsu Lanjutkan Komitmen CSR Lewat Penyu Untuk Indonesia di Padang

by  in  Berita & CSR & Daihatsu
Daihatsu Lanjutkan Komitmen CSR Lewat Penyu Untuk Indonesia di Padang
0  komentar

AutonetMagz.com – Melanjutkan komitmen Daihatsu atas capaian produksi ke-8 juta unit pada Juli 2023 lalu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) buktikan komitmen dan tanggung jawab sosialnya melalui program CSR (Corporate Social Responsibility). Sejalan dengan pilar Hijau Bersama Daihatsu, Daihatsu mengadakan program Penyu Untuk Indonesia. Hal ini sejalan dengan tujuan SDGs (Sustainable Development Goals) poin 14 tentang Ekosistem Lautan atau kehidupan di bawah laut.

Aktivitas yang Dilakukan

Dengan tema Bersama Sahabat Membangun Negeri, program ini sekaligus merayakan hari kemerdekaan
Republik Indonesia yang ke-78. Pada 24 Agustus 2023 kemarin, Daihatsu melakukan pelepasliaran total 8.000 tukik ke habitat aslinya. Tak hanya itu saja, Daihatsu juga melakukan penanaman 80 pohon cemara laut, serta kegiatan bersih-bersih pantai bersama.

Pada acara ini, Daihatsu mengajak pemerintah daerah setempat dan BPSPL (Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut), ADM Supplier Club, Sahabat Klub mobil Daihatsu, dan SMK (Sekolah Menenganh Kejuruan) binaan Daihatsu. Selain bertujuan sebagai fasilitas pelestarian penyu, konservasi Penyu binaan Daihatsu juga menjadi media edukasi bagi pengunjung. Tempat ini juga menerima kunjungan dari sekolah, mahasiswa yang sedang melakukan penelitian, hingga para wisatawan lokal dan mancanegara.

Dilakukan Sejak 2010

Sebagai informasi, hingga saat ini Daihatsu telah mendukung 7 lokasi konservasi penyu. Diantaranya di Batu hiu, Pangandaran pada 2010; Perancak, Bali (2011); Pulau Pramuka, Taman Nasional Kepulauan Seribu (2014); Pasir Jambak, Padang (2018); Pantai Binasi, Tapanuli (2019); Alun utara, Bengkulu (2020); dan Jogosimo di Kebumen (2021). Daihatsu juga telah menetaskan serta melepas-liarkan sebanyak lebih dari 400.000 Tukik di seluruh Indonesia sejak 2010.

Daihatsu konsisten ingin terus melestarikan kehidupan penyu yang berpotensi terancam punah akibat meningkatnya sampah di laut. Ditambah lagi dengan adanya fakta bahwa dari total 7 spesies penyu di dunia, 6 diantaranya berhabitat di Indonesia. Daihatsu sendiri memiliki filosofi yang sama dengan Penyu, yaitu sebagai salah satu hewan purba yang selalu adaptif di berbagai zaman sejak jutaan tahun lalu dan masih hidup sampai sekarang.

Read Prev:
Read Next: