Tips Ganti Aki #DiRumahAja ala Yamaha Jatim

by  in Berita&Merek Motor&Nasional
Tips Ganti Aki #DiRumahAja ala Yamaha Jatim
0  komentar

Surabaya, AutonetMagz.com – Tak terasa sudah hampir 2 bulan pasca PSBB di kawasan Surabaya dan sekitarnya berakhir. Dan dalam kurun waktu ini, tentunya kita tetap harus beradaptasi dengan kebiasaan baru. Salah satunya adalah tetap menjaga jarak dan membatasi keluar rumah. Lantas, bagaimana jikalau tiba – tiba motor kalian akinya mati dan perlu mengganti komponen tersebut? Yamaha Jatim membagikan tips terkait hal ini.

Kita sadar bahwa selama PSBB beberapa waktu lalu jalanan di Surabaya dan sekitarnya cenderung lengang. Artinya, banyak kendaraan yang terparkir di rumah karena anjuran Pemerintah untuk #DiRumahAja. Nah, kondisi ini juga berimbas pada kendaraan bermotor yang digunakan publik. Salah satu yang biasanya terdampak pasca kendaraan jarang digunakan adalah aki. Yap, motor yang lama tidak digunakan berpotensi mengalami masalah aki. Tapi tenang saja, karena kita sebenarnya bisa mengganti aki secara mandiri di rumah. PT Surya Timur Sakti Jatim sebagai authorized dealer Yamaha di kawasan Jawa Timur pun berbagi tips bagaimana cara mengganti aki motor di Rumah.

Dan berikut tahapan yang bisa kalian lakukan berdasarkan petunjuk dari Tim Servis Yamaha Jatim :

  1. Siapkan peralatan seperti obeng plus ukuran sedang dan avometer
  2. Buka bagasi
  3. Buka 2 skrup battery cover dengan obeng
  4. Ukur tegangan baterai dengan avometer, pastikan tegangan standar ada pada 12,4 volt. Jika tegangan aki berada di bawah 12,4 volt, maka sudah waktunya melakukan pengecasan aki
  5. Jika sudah dicas tapi tegangan tetap di bawah standar, maka sudah waktunya melakukan penggantian aki
  6. Dengan menggunakan aki baru dari Yamaha, lepas baut kutub negatif terlebih dahulu dan pastikan sudah terpasang dengan baik
  7. Lakukan hal yang sama pada baut kutub positif

Nah, kalau kalian masih ragu untuk mengganti aki secara mandiri, namun tetap saja mager untuk pergi ke diler, kalian bisa menggunakan layanan home service Yamaha Jatim. Asal ingat, motor kalian harus Yamaha ya. “Selain itu, saat ini konsumen juga bisa menggunakan layanan Servis Kunjung Yamaha atau SKY yang tinggal telpon. Tim kami akan langsung datang serta mengecek kondisi motor dan melakukan servis di tempat,” ungkap Ilham Wahyudi selaku General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim. Kalau kalian sudah pede mengganti sendiri, kalian juga bisa membeli komponen di Yamaha Parts yang tersedia di e-commerce Tokopedia dan Blibli.com.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Oiya, kalau kalian ingin melihat tips secara visual, kalian bisa klik disini.

Read Prev:
Read Next: