Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival 2022 Siap Ramaikan Sentul

by  in  Berita & Motorsports & Nasional
Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival 2022 Siap Ramaikan Sentul
0  komentar

AutonetMagz.com – Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival 2022 siap diselenggarakan di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor pada 22-23 Oktober 2022 mendatang. Event yang digelar oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ini menjadi satu-satunya balap ketahanan roda dua di Tanah Air melanjutkan tradisi Yamaha Indonesia untuk mengapresiasi rider profesional dan komunitas.

Sistem Balapan Yamaha Endurance Race

“Yamaha Indonesia dan para sponsor siap menyelenggarakan Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival 2022 yang merupakan satu-satunya balap ketahanan di Indonesia. Tahun ini adalah penyelenggaraan tahun ke-4 event ini. Dan semua sangat menikmati sensasi balap ketahanan selama 2 jam ini di sirkuit Sentul,” ungkap Riyadi Prihantono selaku Coordinator Manager of After Sales & Motor Sports PT YIMM.

Sistem balapan Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival memiliki durasi 2 jam dengan model start pembalap ala Le Mans. Dalam hal ini, rider berlari menyeberang lintasan menuju motornya masing-masing yang sudah diposisikan sesuai dengan starting grid-nya masing-masing. Setiap tim yang mengikuti balap ketahanan ini beranggotakan 2 pembalap dan 2 mekanik.

Para pembalap dalam endurance race ini akan ‘menggeber’ motor Yamaha YZF-R15 maupun YZF-R25 dengan durasi 2 jam di masing-masing kelas. Ada 3 kelas yang dikompetisikan dalam Yamaha Endurance Festival yaitu R15 Community Rider, R25 Community Rider, dan kelas tertinggi R25 Pro Rider.

Bukan Hanya Soal Skill Namun Juga Kerjasama

Kelas Pro Rider berisikan tim-tim papan atas balap nasional seperti Yamaha RRS, Yamaha Akai Jaya MBKW2, Yamaha Ziear The Strokes55, Yamaha HDS Racing, dan Yamaha Bahtera Racing. Sementara untuk kelas komunitas akan diikuti oleh klub YROI, YARRCI, ROCK, Cornering Indonesia, dan juga komunitas lain yang dinaungi oleh YRFI (Yamaha Riders Federation Indonesia). Tiap tim siap menurunkan pembalap terbaiknya.

Kompetisi endurance sendiri bukan hanya soal keterampilan pembalap untuk berkendara lebih cepat, namun dibutuhkan juga kerjasama tim yang baik untuk memenangi perlombaan. Fisik, stamina, timing filling dan rider change masing-masing tim memiliki strategi Pit In dalam 1 menit 30 detik, poin-poin ini menjadi faktor kunci untuk mendapatkan kesuksesan sebagai strategi tim.

Event yang terbuka secara gratis ini juga dapat dinikmati oleh khalayak umum berkat hadirnya aktivitas lain seperti edukasi untuk siswa SMK lewat paddock tour, hiburan di arena exhibition, dan hadirnya booth-booth sponsor yang menawarkan promo spesial. Tentunya kesuksesan Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival 2022 didukung oleh berbagai sponsor mulai dari Shell, Yamalube, KYB, IRC Tire, Pirelli, YES24, dan BAF.

Read Prev:
Read Next: