Honda, Yamaha, KTM dan Piaggio Bersatu Kembangkan Baterai Motor Listrik

Honda, Yamaha, KTM dan Piaggio Bersatu Kembangkan Baterai Motor Listrik
0  komentar

AutonetMagz.com – Selain mobil listrik, motor listrik juga pelan-pelan mulai berani memamerkan eksistensinya di pasaran. Sebutlah merek yang jadi pemain senior seperti Viar Q1 atau bahkan Gesits, namun ada juga pemain-pemain baru seperti Niu, Volta atau ECGO. Karena populasi motor pasti jauh lebih banyak daripada mobil, diharapkan nantinya motor listrik bisa segera diterima menjadi solusi transportasi jarak dekat yang memadai dan juga bebas gas buang.

Namun tentu saja percuma kalau yang berinisiatif mengembangkan teknologi tenaga listrik untuk penggunaan motor hanya satu pihak saja. Sebelumnya, 4 merek besar pembuat sepeda motor Jepang yakni Yamaha, Honda, Suzuki dan Kawasaki sudah bekerja sama untuk mematok standar teknologi bagi motor listrik. Kolaborasi ini bagus, sebab Kawasaki dan Suzuki belum punya motor listrik, sementara Honda dan Yamaha butuh teman lagi untuk bertukar pikiran soal motor listrik.

Kembangkan Baterai Bongkar Pasang

Selain aliansi antara Honda, Yamaha, Kawasaki dan Suzuki, rupanya masih banyak pihak yang ingin membentuk aliansi kerjasama untuk memajukan kendaraan roda dua. Untuk itu, Honda dan Yamaha kini bersatu juga dengan KTM dan Piaggio untuk mengembangkan standar baterai motor listrik. Baterai yang diinginkan oleh keempat produsen motor ini adalah baterai yang mudah untuk dibongkar-pasang dengan lebih mudah.

Iya, betul kok kalau motor-motor listrik sekarang baterainya juga bisa dibongkar-pasang, tapi yang diinginkan oleh Honda, Yamaha, KTM dan Piaggio adalah standar baterai yang bisa berlaku universal di motor, termasuk saat harus bongkar pasang. Kerjasama antara empat pihak ini akan mulai berlangsung bulan Mei 2021 nanti dan merek lain yang berminat untuk ikut masih dibukakan pintu demi tercapainya standar yang baik.

Bukan Hanya Untuk Motor Biasa

Kerjasama antar keempat merek ini tidak membatasi diri untuk menstandarkan baterai motor listrik biasa. Mereka juga akan mewadahi kebutuhan baterai skuter, motor roda tiga dan motor roda empat. Untuk kemajuan masing-masing merek, Honda punya skuter listrik seperti PCX Electric, sementara Yamaha punya beberapa model skuter listrik, sepeda listrik dan bahkan sedang menguji motor listrik buatannya untuk dipakai di mobil.

KTM juga sudah membuat motor off-road bertenaga listrik, sementara Piaggio juga sudah punya Vespa Elettrica sebagai Vespa bertenaga listrik untuk perkotaan, makanya kecepatan puncaknya sudah cukup di angka 70 km/jam saja. Bagaimana, siapa yang sudah siap untuk pergi nongkrong atau sunmori dengan motor listrik? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: