Mobil Legendaris Toyota 2000GT 1967 Ini Dijual Seharga 8,8 M Rupiah!

Mobil Legendaris Toyota 2000GT 1967 Ini Dijual Seharga 8,8 M Rupiah!
0  komentar
toyota 2000gt

AutonetMagz.com – Sebenarnya, Lexus LFA yang masih masuk dalam keluarga Toyota bukanlah supercar Jepang pertama, demikian juga Honda NSX yang dijuluki Ferrari killer yang sangat legendaris sampai sekarang. Jauh sebelum itu, ada mobil yang lebih layak disebut supercar Jepang pertama, yaitu Toyota 2000GT. Tentu ada yang penasaran, apa cerita di balik mobil tua Toyota ini yang mampu membuatnya menjadi sebuah legenda?

Alasannya, karena Toyota 2000GT-lah yang bisa membuat produsen mobil Eropa, Amerika dan lain-lain mulai takut dengan produsen mobil Jepang, padahal tadinya produsen Jepang hanya dianggap sebagai pabrikan kelas teri yang hanya mampu menjiplak model mobil Eropa dan Amerika. Ini juga salah satu mobil yang menunjukkan kehebatan kolaborasi Toyota dan Yamaha yang juga terjadi pada Lexus LFA.

toyota 2000gt 1967

Soal desainnya, mobil ini menganut model Gran Tourer (GT). Toyota belajar banyak dari bentuk Jaguar E-Type, salah satu mobil tercantik yang pernah dibuat, bahkan Enzo Ferrari pun mengakuinya. Desain itu dikombinasikan dengan styling coke bottle dan pop-up headlamp yang cantik, bahkan banyak yang membandingkan Toyota 2000GT dengan Porsche 911 dan lain-lain. Saking cantiknya mobil ini, Toyota 2000GT bisa menjadi mobil Jepang pertama yang dipakai James Bond.

Tapi karena pemeran James Bond, Sean Connery waktu itu tingginya jangkung dan tidak muat di kabin 2000GT, maka terpaksa mobil itu diubah menjadi atap terbuka khusus untuk film You Only Live Twice, padahal aslinya tidak ada Toyota 2000GT convertible. Tidak hanya itu, Daniel Craig pun memilih Toyota 2000GT sebagai mobil James Bond terbaik sepanjang masa. Ingat, padahal James Bond sudah identik dengan Aston Martin, tapi pemerannya sendiri memilih Toyota 2000GT lho. Hebat kan?

toyota 2000gt kabin

Coba simak interior Toyota 2000GT ini. Klasik, tak lekang oleh waktu dan sangat berkualitas pada masanya. Coba saja simak lapisan kulit pada joknya dan kayu pada setirnya, bahkan kayunya lebih bagus daripada milik konsol tengah Pajero Sport Dakar baru. Rosewood veneers pada interiornya dibuat oleh divisi produsen grand piano dari Yamaha, jadi wajar saja kalau bagus. Senang sekali melihat mobil dibuat oleh engineer dan desainer, bukan akuntan!

Mesin Toyota 2000GT ini adalah mesin 2.000 cc 6 silinder yang basisnya sama dengan Toyota Crown, tapi diberikan desain DOHC baru oleh Yamaha sehingga bisa menghasilkan 150 hp. Itu tenaga yang besar pada tahun 1960-an. Dipasangkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan penggerak roda belakang, mesin ini bisa meraih top speed 217 km/jam dan konsumsi BBM-nya 13,1 km/liter. Majalah Road & Track bilang, Toyota 2000GT adalah GT mewah yang bisa dinikmati dengan cara apapun, baik itu dilihat dari luar-dalam, dikendarai maupun ditumpangi.

mesin toyota 2000gt

Itu sejarah singkatnya. Sekarang, ada kesempatan bagi mereka yang mau memiliki mobil legendaris keluaran tiga oval. Sebuah Toyota 2000GT putih dengan odometer di angka 74.763 kilometer kini siap dijual dengan harga 75,38 juta Yen, atau sekitar 8,8 M Rupiah. Sekedar gambaran, jika dibelikan mobil baru, itu masih cukup untuk membeli 1 Mercedes Benz AMG GT-S plus 1 Mercedes Benz S400 L Exclusive, yang kualitas dan performanya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Kedengaran mahal? Tunggu, segini masih murah kok, karena harusnya mobil ini bisa terjual sampai 1,2 juta dollar AS (16 M Rupiah), alias seharga 1 buah Ferrari LaFerrari baru. Itu baru namanya mobil Jepang mahal. Perlu diingat, Toyota hanya memproduksi sekitar 351 unit 2000GT, jadi mobil ini lebih langka daripada adik kecilnya, Lexus LFA. Yang paling penting, 2000GT yang dijual ini masih mulus tanpa karat!

toyota 2000gt white

Jujur saja, ini adalah salah satu Toyota yang saya tidak keberatan dengan harganya. Inilah Toyota yang saya hormati selain Toyota Corolla TwinCam GT, Toyota Corolla DX, Toyota Corolla AE86, Toyota Starlet GT Turbo, Toyota Supra, Toyota Sports 800, Toyota MR2, Toyota Celica GT-Four dan lain-lain. Intinya, ini bukan Toyota yang membosankan. Jika menjual ginjal itu legal, saya pun tidak keberatan menjualnya asal bisa punya Toyota 2000GT ini, sayang sekali menjual ginjal itu ilegal. Bagaimana denganmu, mau beli Toyota yang ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: