Raja Top Speed, Bugatti Chiron Resmi Tembus 300 MPH!

by  in Bugatti&International
0  komentar

AutonetMagz.com – Pabrikan dengan ambisi dan sumber daya tingkat dewa berlomba-lomba untuk merebut gelar bergengsi, tapi selalu ada satu yang diincar : Menjadi mobil tercepat di dunia. Gelar ini sangat diinginkan, tapi tak mudah diraih. Terjadi banyak pergantian pemegang gelar, mulai dari Bugatti EB110, Jaguar XJ220, McLaren F1, Bugatti Veyron, bahkan sekarang Koenigsegg memegang gelar mobil tercepat di dunia dengan kecepatan rata-rata 447,2 km/jam.

Tentu sebagai sebuah merek, Bugatti punya muka yang harus diselamatkan. Mereka tidak mau buru-buru, lebih baik meyakini kalau semua faktor sudah mendukung untuk menembus angka keramat saat ini : 300 MPH atau sekitar 482,8 km/jam. Diam-diam, Bugatti Chiron sudah memecahkan rekor 300 MPH ini tanggal 2 Agustus kemarin di lahan tes milik Volkswagen di Ehra-Lessien. Angka persisnya adalah 304,77 MPH atau sekitar 490,48 km/jam dan dipublikasikan oleh Top Gear.

Uji coba ini diukur oleh TÜV, Asosiasi Inspeksi Teknis Jerman. Sejumlah alat dipasangkan untuk mengukur kecepatan aslinya, karena bukan rahasia jika nyaris semua spidometer mobil di dunia ini dilebihkan sekian persen dari kecepatan aslinya untuk alasan keselamatan. Karena ini diukur di Eropa, angka yang mereka kejar ada dalam satuan miles per hour alias MPH yang sudah umum bagi mereka, bukan km/jam yang lekat dengan kita.

Orang yang mengemudikan Bugatti Chiron ini adalah test driver Bugatti, Andy Wallace. Harus diakui, Bugatti Chiron yang menembus angka 300 MPH ini bukan Chiron standar, melainkan sudah dimodifikasi di bagian tertentu. Otomatis, ini menjadikan Bugatti Chiron sebagai hypercar pertama yang tembus 300 MPH (meski bukan dalam keadaan standar) dan membenarkan gosip bahwa top speed Bugatti Chiron standar yang 261 MPH itu memang masih belum maksimal.

Rekor ini otomatis mengalahkan kecepatan yang pernah dicatatoleh SSC (256.18 MPH rata-rata, 2007), Hennessey (270.49 MPH rata-rata, 2013)dan Koenigsegg (284.55 MPH Maximum, 277.87 rata-rata, 2017). Selamat buatBugatti Chiron, dan jika Koenigsegg Jesko atau SSC Tuatura tak bisa menembusangka ini, nampaknya rekor Bugatti Chiron ini akan bertahan dalam waktu yanglama. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: