BrandZ : Tesla Naik, Toyota Tetap Teratas

by  in Berita&BMW&Land Rover
BrandZ : Tesla Naik, Toyota Tetap Teratas
0  komentar

AutonetMagz.com – WPP dan Kantar Millward Brown baru saja merilis laporan BrandZ tahunan mereka, yang menguji merek global paling berharga dengan menggunakan persepsi merek dan data keuangan untuk menghitung nilai merek. Menurut analisis mereka tahun ini, Toyota adalah merek otomotif paling berharga dengan nilai $ 28,6 miliar. Perusahaan asal Jepang tersebut terus memegang posisi teratas, namun nilainya turun 3% dari tahun lalu berkat dinamika valuta asing serta peningkatan investasi dan kenaikan biaya tenaga kerja.

Di posisi kedua dan tiga ditempati oleh BMW dengan valuasi sebesar $ 24,5 miliar dan Mercedes berada di posisi ketiga dengan harga $ 23,5 miliar. Perbedaan antara kedua perusahaan menyempit tahun ini karena BMW turun 8%, sementara Mercedes naik 4%. Jika tren itu berlanjut, Mercedes bukan tak mungkin bisa menyalip rival senegaranya tersebut pada tahun depan.

Kejutan justru datang dari merek dagang Tesla, sebab mereka membuat lonjakan terbesar dalam analisis tahun ini. Nilai merek Tesla meroket 32% ke posisi 8 dengan valuasi $ 5,8 miliar. Perusahaan ini kemungkinan besar dibantu oleh antisipasi besar-besaran yang mengelilingi Model 3. Nampaknya Tesla mulai memberikan ancaman kepada merek-merek otomotif yang sudah lama beredar.

Pergerakan lainnya datang dari Land Rover dan Porsche dengan nilai masing-masing naik 17% dan 16%. Land Rover menduduki posisi ke 9 dengan valuasi $ 5,5 miliar sementara Porsche mengikuti dibawah Land Rover dengan valuasi $ 5,1 miliar. Sejak diakuisisi TATA, memang Jaguar Land Rover (khususnya Land Rover) menjadi lebih bagus dinamika bisnisnya, sementara Porsche memang anak emas VW Group yang selalu mendapat perhatian lebih.

Ngomong-ngomong VW, tentu ada yang kepo apakah VW masuk top 10? Hmm… Menurut daftar ini sih tidak ada, mungkin gara-gara nilai VW anjlok mengikuti kasus dieselgate yang mereka buat. Kira-kira tahun depan siapa ya yang akan menempati posisi pertama? Apakah Tesla akan kembali membuat kejutan lagi di tahun depan? Bagaimana pendapatmu? Yuk, berikan komentarmu dibawah ini.

Read Prev:
Read Next: